PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI MAN 2 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017
Nor Wakhidah Lutfiani , 1301412034 (2017) PENGARUH LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK TERHADAP KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI MAN 2 KUDUS TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (657kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilakukan berdasarkan fenomena yang ada dikelas XI MAN 2 Kudus yang menunjukkan tingkat kecerdasan emosional yang kurang baik. Permasalahan pada penelitian ini yaitu apakah layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI MAN 2 Kudus. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kecerdasan emosional siswa sebelum dan setelah diberikan layanan bimbingan kelompok, dan untuk menguji pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap kecerdasan emosional pada siswa. Adapun manfaat dari penelitian ini yaitu untuk memperkaya kajian tentang layanan Bimbingan dan Konseling. Jenis penelitian eksperimen ini menggunakan metode penelitian preeksperimental dengan menggunakan one group pretest-posttest design. Jumlah sampel sebanyak 12 siswa dipilih secara purposive sampling dari 370 populasi. Pengambilan sampel sebanyak 12 siswa agar dalam proses pemberian treatment dalam kegiatan bimbingan kelompok berlangsung efektif dan optimal. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah skala kecerdasan emosional. Teknik analisis data yang digunakan yakni analisis deskriptif presentase dan uji hipotesis (wilcoxon). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan melakukan evaluasi akhir dengan membandingkan hasil pretest dan posttest, layanan bimbingan kelompok berpengaruh dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa. Rata-rata kecerdasan emosional siswa sebelum diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok berada pada kriteria sedang (59%). Setelah diberi perlakuan berupa layanan bimbingan kelompok rata-rata kecerdasan emosional siswa masuk dalam kriteria tinggi (76%). Hasil uji wilcoxon menunjukkan dengan menggunakan taraf signifikansi 5% diketahui (z= -3.062, p<0,05), artinya Ho penelitian ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa kelas XI MAN 2 Kudus. Simpulan dari penelitian ini adalah kecerdasan emosional siswa sebelum diberikan layanan bimbingan kelompok secara keseluruhan masuk dalam kriteria sedang, setelah diberikan layanan bimbingan kelompok masuk dalam kriteria tinggi, dan layanan bimbingan kelompok berpengaruh terhadap kecerdasan emosional siswa. Saran yang dapat diberikan hendaknya guru bimbingan konseling dapat melaksanakan layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kecerdasan emosional, layanan bimbingan kelompok. |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Emotional Intelligence |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 28 May 2018 13:15 |
Last Modified: | 28 May 2018 13:15 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31152 |
Actions (login required)
View Item |