STUDI DESKRIPTIF MOTIVASI MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SE-KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG


Sa’adatul Atiyah , 1301412030 (2017) STUDI DESKRIPTIF MOTIVASI MENGIKUTI LAYANAN KONSELING INDIVIDUAL DAN KEMANDIRIAN BELAJAR PADA SISWA MADRASAH TSANAWIYAH SE-KECAMATAN GUNUNGPATI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1301412030.pdf]
Preview
PDF
Download (507kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan fenomena yang terjadi di beberapa MTS se- Kecamatan Gunungpati Semarang yang menunjukkan banyak siswa sering menyontek hasil teman baik tugas maupun saat ulangan, siswa kurang yakin terhadap kemampuan yang dimiliki dalam dirinya. Selain itu, banyak di temukan adanya siswa yang sering gaduh, ramai, dan sering melakukan kegiatan-kegiatan sendiri di kelas, malas ketika ada penugasan, telat dalam pengumpulan tugas, menyontek hasil tugas teman, mengerjakan tugas pada jam pelajaran lain, mengerjakan pekerjaan rumah (PR) disekolah dengan mencontek hasil teman. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kemandirian belajar, tingkat motivasi mengikuti layanan konseling individual dan mengetahui hubungan antara kemandirian belajar dengan motivasi mengikuti layanan konseling individual. Jenis penelitian termasuk dalam penelitian penelitian deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa MTS se-Kecamatan Gunungpati Semarang tahun ajaran 2016/2017. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik cluster sampling dan teknik propotional sampling, sehingga didapat sampel yang berjumlah 220 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah motivasi mengikuti layanan konseling individual (X) dan variabel terikat adalah kemandirian belajar (Y). Hubungan yang digunakan dalam penelitian ini adalah hubungan sederhana. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala motivasi mengikuti layanan konseling individual dan skala kemandirian belajar. Pengujian validitas instrumen menggunakan rumus Product Moment dan pengujian reliabilitas menggunakan Cronbach’s Alpha. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisi mean dan standar deviasi, serta Product Moment. Hasil penelitian yang pertama, menunjukkan bahwa rerata tingkat motivasi mengikuti layanan konseling individual (M= 2,97; SD= 0,188). Kemudian hasil penelitian yang kedua, menunjukkan bahwa rerata tingkat kemandirian belajar (M=3,13; SD= 0,199). Berdasarkan hasil tersebut, maka peneliti memberikan saran bagi peneliti selanjutnya, diharapkan dapat mengembangkan temuan ini mengenai aspek-aspek yang mempengaruhi variabel motivasi dan kemandirian belajar siswa. Selain itu, guru bimbingan dan konseling diharapkan dapat membuat bahan atau pertimbanagn untuk memberikan layanan terkait dengan masalah motivasi dan kemandirian belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi mengikuti layanan konseling inidvidual, kemandirian belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Individual Counseling Services
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Bimbingan dan Konseling (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 13:03
Last Modified: 28 May 2018 13:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31150

Actions (login required)

View Item View Item