PENGARUH TUGAS OBSERVASI DAN INTERNSHIP TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


MUSLIKAH , 1201413074 (2017) PENGARUH TUGAS OBSERVASI DAN INTERNSHIP TERHADAP KESIAPAN KERJA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413074.pdf]
Preview
PDF
Download (745kB) | Preview

Abstract

Tugas observasi dan internship memiliki peran dalam menumbuhkan kesiapan kerja mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh tugas observasi terhadap kesiapan kerja, seberapa besar pengaruh internship terhadap kesiapan kerja, dan seberapa besar pengaruh tugas observasi dan internship secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini merupakan penelitian ekspost-facto dengan pendekatan kuantitatif. Variabel dalam penelitian ini adalah tugas observasi, internship, dan kesiapan kerja. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 87 mahasiswa jurusan pendidikan luar sekolah angkatan 2013. Teknik sampling yang digunakan pada penelitian ini adalah total sampling mengingat populasi kurang dari 100 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan tugas observasi dan internship secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja mahasiswa jurusan pendidikan luar sekolah dengan nilai Fhitung 30,027 dan signifikasi sebesar 0,000; terdapat pengaruh signifikan tugas observasi terhadap kesiapan kerja mahasiswa jurusan pendidikan luar sekolah dengan nilai thitung 2.781 dan signifikasi 0,007; terdapat pengaruh signifikan internship terhadap kesiapan kerja mahasiswa jurusan pendidikan luar sekolah dengan nilai thitung 4.739 dan signifikasi 0,000. Dari hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan ada pengaruh yang signifikan tugas observasi dan internship baik secara parsial maupun simultan terhadap kesiapan kerja. Untuk meningkatkan kesiapan kerja pada mahasiswa sebaiknya dosen membuat perencanaan internship secara matang sehingga pelaksanaan internship dapat optimal dan Jurusan Pendidikan Luar Sekolah perlu mengadakan kerja sama ke lembaga pemerintah maupun swasta agar kebutuhan internship atau magang dari mahasiswa dapat dipenuhi dengan baik.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Tugas Observasi, Internship, Kesiapan Kerja
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 28 May 2018 12:18
Last Modified: 28 May 2018 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31141

Actions (login required)

View Item View Item