RANCANG BANGUN SISTEM DETEKSI PLAGIARISME TUGAS PADA KELAS VIRTUAL BERBASIS MOODLE


Muhammad Nur Aziz , 5301411038 (2017) RANCANG BANGUN SISTEM DETEKSI PLAGIARISME TUGAS PADA KELAS VIRTUAL BERBASIS MOODLE. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5301411038.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (827kB) | Preview

Abstract

Fenomena plagiarisme dikalangan mahasiswa masih marak dilakukan, khususnya untuk menyelesaikan tugas kuliah maupun tugas akhir dengan cepat dan mudah untuk mendapatkan nilai yang memuaskan. Sehingga untuk mengatasi praktik plagiarisme diperlukan sistem pendeteksi plagiarisme pada pengumpulan tugas mahasiswa. Penelitian ini bertujuan membuat sistem pendeteksi plagiarisme tugas yang mengimplimentasikan kelas virtual berbasis Moodle serta plugins plagiarisme Plagscan. Metode penelitian yang digunakan adalah waterfall yang memiliki siklus tahapan analisis kebutuhan, desain, implementasi, dan pengujian. Proses pengujian dilakukan dalam rangka melakukan validation pada perangkat lunak. Proses validation dilakukan dengan black-box testing. Subyek yang digunakan adalah 3 dosen serta 7 tugas mahasiswa pada mata kuliah komunikasi data yang dipilih dengan teknik random sampling untuk di uji plagiarisme. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis statistik deskriptif menggunakan teknik perhitungan mean untuk analisis kejelasan persepsi dosen serta analisis korelasi spearman rank untuk menghitung tingkat korelasi dari hasil pendeteksi plagiarisme antara pendeteksian secara manual yang dilakukan oleh dosen dengan sistem. Alat yang digunakan untuk menganalisa yaitu SPSS 24 for windows. Berdasarkan hasil korelasi dari responden 1 sebesar 0.735 < rho tabel = 0,886 dengan nilai toleransi rho 5% serta dan responden 2 koefisien korelasi sebesar 0.851 < rho tabel = 0,886 dengan nilai toleransi rho 5% terdapat hubungan yang linier antara sistem pendeteksian plagiarisme dengan persepsi dosen dalam memberikan penilaian tingkat plagiarisme tugas pada mata kuliah komunikasi data yang diberikan, walaupun pengecekan plagiarisme berdasarkan persepsi responden memiliki kelemahan yakni bersifat pendapat sehingga setiap pengecekan yang dilakukan oleh orang berbeda memiliki hasil yang berbeda pula serta tidak konsistennya dalam penilaian karena dipengaruhi faktor emosional manusia tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Plagiarisme, Spearman Rank, Moodle, Plagscan
Subjects: L Education > Special Education > Electrical engineering education
T Technology > TK Electrical and Electronic Engineering
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Elektro, S1
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 18:13
Last Modified: 04 Apr 2019 14:39
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31133

Actions (login required)

View Item View Item