KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI SKB UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Lilis Andriyani , 1201413039 (2017) KONTRIBUSI MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR WARGA BELAJAR KEJAR PAKET C DI SKB UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413039.pdf]
Preview
PDF
Download (771kB) | Preview

Abstract

Kondisi psikis peserta didik termasuk di dalamnya ada motivasi adalah salah satu faktor yang berkontribusi terhadap prestasi belajar. Warga belajar kejar paket C di SKB Ungaran Kabupaten Semarang merupakan peserta didik yang terdiri dari berbagai kalangan masyarakat, sehingga motivasi yang dimiliki pun berbeda dari faktor internal maupun faktor eksternalnya. Rumusan masalah pada penelitian ini yaitu seberapa besar persentase pengkategorian skor motivasi belajar dan prestasi belajar, adakah kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar, serta seberapa besar kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar warga belajar kejar paket C di SKB Ungaran Kabupaten Semarang? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besar persentase pengkategorian skor motivasi belajar dan prestasi belajar, menganalisis kontribusi dan besarnya kontribusi motivasi belajar terhadap prestasi belajar warga belajar kejar paket C di SKB Ungaran Kabupaten Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh warga belajar kejar paket C di SKB Ungaran Kabupaten Semarang. Penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling. Variabel pada penelitian ini terdiri dari satu variabel independen dan satu variabel dependen. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu menggunakan angket/ kuesioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada perhitungan analisis deskriptif skor motivasi belajar termasuk dalam kategori tinggi dan prestasi belajar dalam kategori rendah. Sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi didapat koefisien determinasi sebesar 0,556 maka motivasi belajar berkontribusi sebesar 55,6% terhadap prestasi belajar. Berdasarkan hasil temuan di atas, maka disarankan bagi pihak pengelola untuk dapat meningkatkan prestasi belajar warga belajar salah satunya dengan cara meningkatkan fasilitas belajar, dan saran bagi pendidik/ tutor sebaiknya selain memberikan pengetahuan juga harus dapat menumbuhkan motivasi belajar dengan cara menerapkan metode mengajar yang lebih kreatif dan inovatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: motivasi belajar, prestasi belajar.
Subjects: L Education > Special Education > Non-formal education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 17:16
Last Modified: 25 May 2018 17:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31125

Actions (login required)

View Item View Item