POLA PENGASUHAN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI RUMAH PINTAR EFATA SEMARANG


Iis Nurhati , 1201413019 (2017) POLA PENGASUHAN DALAM PENGEMBANGAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK DI RUMAH PINTAR EFATA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413019.pdf]
Preview
PDF
Download (780kB) | Preview

Abstract

Pola pengasuhan akan mempengaruhi hasil belajar, begitu pula dengan kreativitas yang dimiliki peserta didik. Rumusan masalah yang dikaji dalam penelitian adalah tentang bagaimana pola pengasuhan dalam pengembangan kreativitas peserta didik dan Faktor apa saja yang mendukung dan menghambat pola pengasuhan dalam pengembangan kreativitas peserta didik di Rumah Pintar Efata Semarang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola pengasuhan dalam pengembangan kreativitas peserta didik, dan mendeskripsikan faktor yang mendukung dan menghambat pola pengasuhan dalam pengembangan kreativitas peserta didik di Rumah Pintar Efata Semarang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawncara, observasi, dan dokumentasi. Subyek penelitian berjumlah 4 orang yang terdiri dari satu orang pembina Rumah Pintar Efata yang merangkap menjadi pengasuh, tiga orang pengasuh, dan tiga orang tua peserta didik sebagai informan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Teknik analisis data yang digunakan yaitu dengan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengasuhan di Rumah Pintar Efata menggunakan pola pengasuhan yang demokratis, pola asuh tersebut diterapkan berdasarkan kondisi peserta didik dengan latar belakang keluarga perekonomian rendah, juga yang mengalami gangguan pendengaran. Peserta didik diberi kebebasan dalam kegiatan di Rumah Pintar Efata agar peserta didik dapat mengeksplor dirinya, memiliki rasa tanggung jawab, tetapi kebebasan yang diberikan tetap dalam batas kewajaran, yaitu tetap mengikuti arahan dan pengasuh tetap melakukan pendampingan dan pengawasan agar tujuan untuk mengembangkan kreativitas pada peserta didik khususnya dalam bidang seni dapat tercapai. Simpulan dalam penelitian ini adalah pola pengasuhan yang diterapkan yaitu pengasuhan demokratis. Faktor yang mempengaruhi baik yang menghambat ataupun mendukung pola pengasuhan dalam pengembangan kreativitas adalah faktor internal ( pengasuh dan anak asuh) dan faktor eksternal (lingkungan). Disarankan agar Rumah Pintar Efata menerapkan pola pengasuhan lainnya sesuai dengan kondisi yang ada dilapangan dan tidak hanya menggunakan pola pengasuhan demokratis disemua kegiatannya, selain itu orangtua peserta didik hendaknya lebih peka dan memberi dukungan lebih kepada anak untuk mengembangkan kreativitas seninya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Pengasuhan, Pengembangan Kreativitas, Peserta Didik, Rumah Pintar Efata
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 16:21
Last Modified: 25 May 2018 16:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31114

Actions (login required)

View Item View Item