POLA ASUH IBU YANG MENIKAH USIA MUDA DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK (Studi Kasus Pada Keluarga di Desa Sengi Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang)


Dewi Candra Puspita , 1201413014 (2017) POLA ASUH IBU YANG MENIKAH USIA MUDA DALAM MENANAMKAN KEDISIPLINAN PADA ANAK (Studi Kasus Pada Keluarga di Desa Sengi Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201413014.pdf]
Preview
PDF
Download (606kB) | Preview

Abstract

Usia seorang ibu merupakan salah satu faktor yang membentuk pola asuh anak. Seorang ibu yang menikah usia muda belum memiliki kematangan untuk mengendalikan emosi sehingga akan berpengaruh pada pola asuh yang diberikan kepada anak dalam menanamkan kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya-upaya yang dilakukan oleh ibu yang menikah usia muda dalam menanamkan kedisiplinan pada anak, mendeskripsikan dan menganalisis kendala yang dihadapi ibu yang menikah usia muda dalam menanamkan kedisiplinan pada anak. Penelitian dilakukan di Desa Sengi Kecamatan Dukun Kabupaten Magelang dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 5 orang ibu yang menikah pada usia muda dan mempunyai anak usia 10-12 tahun. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan data digunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Teknikanalisis data melaluitahapreduksi data, penyajian data, danpenarikankesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa orang tua yang menikah pada usia muda cenderung menggunakan pola asuh otoriter dalam menanamkan kedisiplinan pada anak, hal ini dipengaruhi oleh kurangnya pengetahuan orang tua tentang pengasuhan kepada anak. Selain menggunakan pola asuh otoriter ibu-ibu yang menikah pada usia muda juga menggunakan pola asuh demokrasi meskipun terkadang masih dalam pengawasan orang tua. Upaya yang dilakukan oleh ibu yang menikah usia muda dalam menanamkan kedisiplinan pada anak antara lain Keteladanan, pendidikan agama dan moral serta melatih tanggung jawab kepada anak. Kendala yang dhadapi oleh ibu yang menikah usia muda dalam menanamkan kedisiplinan pada anak meliputi kendala intern dan ekstern. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ibu yang menikah usia muda lebih cenderung menggunakan pola asuh otoriter daripada pola asuh demokrasi. Saran Seorang ibu harus memberikan bentuk pola asuh yang positif terhadap anak sehingga perkembangan anak dalam kedisiplinan dapat berjalan dengan baik. Untuk pemerintah khususnya Direktorat Pembina Pendidikan Keluarga hendaknya dalam menetapkan suatu kebijakan tentang pendidikan kelurga memperhatikan keberagaman pola asuh yang diterapkan oleh masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pola Asuh Ibu Muda, Kedisiplinan Anak.
Subjects: H Social Sciences > HQ The family. Marriage. Woman > Parenting
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 16:57
Last Modified: 24 May 2018 16:57
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31111

Actions (login required)

View Item View Item