MANAJEMEN PROGRAM KURSUS TATA KECANTIKAN RAMBUT DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) ZETA DEMAK
Faila Sufa , 1201413013 (2017) MANAJEMEN PROGRAM KURSUS TATA KECANTIKAN RAMBUT DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) ZETA DEMAK. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana manajemen program kursus tata kecantikan rambut, serta faktor yang mendukung dan menghambat dalam pengelolaan pembelajaran tersebut. Penelitian ini dilakukan di LKP Zeta Demak, dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian ini adalah 1 orang pengelola, 1 orang tutor, dan 2 orang peserta kursus. Pengumpulan data yang dilakukan menggunakan metode observasi/, wawancara, dan dokumentasi. Untuk membuktikan keabsahan datanya, digunakan teknik triangulasi sumber dan ketekukan pengamatan. Teknik analisis data yang digunakan meliputi: 1) Pengumpulan data, 2) Reduksi data, 3) Penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini ialah manajemen program kursus komputer di LKP Zeta Demak dimulai dengan proses : 1) Perencanaan program, dimulai dari merumuskan kurikulum, silabus dan RPP yang disesuaikan oleh SKKNI serta mengikuti perkembangan kebutuhan dari DU/DI, mencakup 10 patokan pendidikan masyarakat, 2) Pengorganisasian program memeliputi pengaturan rasio alat belajar dengan warga belajar, rasio warga belajar dengan tutor, kompetensi yang harus dimiliki tutor, jalinan kemitraan dengan pihak lain, serta penyusunan kalender program kursus dan pelatihan, 3) Pelaksanaan program yang mengacu kepada silabus dan RPP, terdiri dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup, 4) Pengawasan program meliputiproses pelaksanaan monitoring, serta laporan prngawasan program, 5) Evaluasi program meliputi evaluasi hasil belajar, evaluasi pelaksanaan program(capaian program), evaluasi kinerja tutor, evaluasi kurikulum, evaluasi keluaran.Dimana evaluasi program dilakukan 1 tahun sekali dalam rapat untuk konsolidasi lembaga. Faktor pendukung dalam manajemen program ini adalah tenaga instruktur yang professional, materi pembelajaran yang selalu disesuaikan tren, pelayanan pembelajaran yang terbaik. Faktor yang menghambat ialah antusias warga belajar untuk mengikuti kursus rendah, terbatasnya jumlah alat belajar, letak LKP yang kurang strategis. Peneliti memberikan saran: 1) Instruktur hendaknya menambah wawasan dibidang kecantikan agar proses kursus lebih optimal, 2) Warga belajar hendaknya, lebih mempertinggi semangat belajar agar mendapat bekal keterampilan yang memadai, 3) Pengelola diharapkan dapat menyelenggarakan kursus yang lebih baik dimasa yang akan datang.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen Program, Kursus Tata Kecantikan Rambut. |
Subjects: | L Education > Special Education > Non-formal education |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 24 May 2018 16:42 |
Last Modified: | 24 May 2018 16:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31110 |
Actions (login required)
View Item |