MANAJEMEN PENDIDIKAN DI KUTTAB AL FATIH SEMARANG


Muhammad Rizal Pratama , 1201412010 (2017) MANAJEMEN PENDIDIKAN DI KUTTAB AL FATIH SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1201412010.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Dewasa ini, pendidikan di Indonesia dihadapkan pada permasalahan pendidikan yang begitu kompleks. Mulai dari permasalahan kurikulum hingga masalah hasil pendidikan yang ternyata tidak sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Hal ini bisa dipahami karena pendidikan di Indonesia nampaknya masih meraba-raba tentang konsep pendidikan yang cocok bagi masyarakat Indonesia yang senantiasa mengalami perubahan. Sebuah sistem yang baik, tentunya lahir dari proses manajemen pendidikan yang baik pula. Proses manajemen itulah yang menentukan efektif atau tidaknya sebuah program dan proses manajemen itulah yang menentukan tercapai atau tidaknya sebuah program yang direncanakan. Masalah yang dikaji adalah pelaksanaan manajemen pendidikan dan faktor pendorong dan faktor penghambat manajemen pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan manajemen pendidikan dan mendeskripsikan faktor pendorong dan faktor penghambat manajemen pendidikan di kuttab al fatih Semarang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif. Informan terdiri atas 2 pendidik kuttab, 1 kepala kuttab. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik keabsahan menggunakan triangulasi metode dan sumber. Prosedur analisis data yang digunakan adalah pengumpulan data penyajian data, reduksi data dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen pendidikan di Kuttab Al Fatih Semarang meliputi komponen personalia, kurikulum, sarana dan prasarana serta pembiyaan telah berjalan dengan baik dari semua fungsi manajemen yaitu perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, pembinaan, penilaian, pengembangan. Faktor pendorong manajemen pendidikan yaitu kualitas keilmuan personalia yang baik, pemahaman yang baik tentang konsep pendidikan Kuttab dan pencatatan data yang rapi. Faktor penghambat manajemen pendidikan yaitu isu-isu yang negatif, pencatatan data yang kurang baik, sarana prasarana yang kurang maksimal dan butuh waktu yang agak lama untuk pengembangan Kuttab. Kesimpulan yang dapat diambil yaitu manajemen pendidikan di Kuttab Al-Fatih Semarang telah berlangsung dengan baik dengan tentunya harus dilakukan perbaikan yang berkesinambungan. Saran yang dapat diberikan yaitu berkaitan dengan pengelola, kedepannya harus lebih rinci dalam melakukan perencanaan kegiatan, biaya dan pencatatan data. Berkaitan dengan pendidik di Kuttab Al Fatih Semarang, kedepannya harus meningkatkan kapasitas keilmuan masing-masing guna mendukung pengembangan lembaga pendidikan Kuttab Al Fatih.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Pendidikan
Subjects: L Education > L Education (General) > Education Management
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Luar Sekolah (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 12:52
Last Modified: 24 May 2018 12:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31100

Actions (login required)

View Item View Item