HUBUNGAN ANTARA SARANA DAN PRASARANA MENJAHIT DENGAN EFISIENSI MENJAHIT PADA MATA PELAJARAN MENJAHIT II SISWA KELAS XI SMK NEGERI I TEGAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009
Sandra Puspita , 5402405002 (2010) HUBUNGAN ANTARA SARANA DAN PRASARANA MENJAHIT DENGAN EFISIENSI MENJAHIT PADA MATA PELAJARAN MENJAHIT II SISWA KELAS XI SMK NEGERI I TEGAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (HUBUNGAN ANTARA SARANA DAN PRASARANA MENJAHIT DENGAN EFISIENSI MENJAHIT PADA MATA PELAJARAN MENJAHIT II SISWA KELAS XI SMK NEGERI I TEGAL TAHUN PELAJARAN 2008/2009)
- Published Version
Download (568kB) | Preview |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara sarana dan prasarana dengan efisiensi menjahit dan hasil belajar menjahit pada mata pelajaran menjahit II pada siswa kelas II SMK Negeri I Tegal 2009-2010. Penelitian ini dilatar belakangi oleh kebutuhan sarana dan prasarana dalam program keterampilan tata busana di SMK Negeri I Tegal. Program keterampilan tata busana membutuhkan sarana dan prasarana yang memadai baik secara kualitas dan kuantitas. Permasalahannya adalah apakah sarana dan prasarana di SMK Negeri I Tegal dalam program keterampilan tata busana sudah memadai. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif. Objek penelitian dalam penelitian ini adalah sarana dan prasarana program keterampilan tata busana di SMK Negeri I Tegal. Variabel dalam penelitian ini terdiri dari variabel bebas (x) yaitu sarana dan prasarana menjahit dan variabel terikat (y) yaitu efisiensi menjahit. Metode penelitian yang digunakan ada tiga macam yaitu metode angket, metode observasi dan metode dokumentasi. Metode angket dan observasi digunakan untuk mengetahui sarana prasarana dan efisiensi menjahit. Dokumentasi dalam penelitian ini digunakan untuk mendapatkan data visual tentang sarana dan prasarana program keterampilan tata busana. Uji coba instrument menggunakan validitas instrument dengan menggunakan rumus product moment dan reliabilitas instrument menggunakan alpha dan antar rater. Metode analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase, uji persyaratan hipotesis, uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sarana dan prasarana menjahit dengan efisiensi menjahit berhubungan terhadap hasil belajar menjahit siswa kelas II SMK Negeri I Tegal termasuk dalam kategori cukup baik. Sarana dan prasarana menjahit sebanyak 90,22% berada pada kategori cukup baik, sedangkan efisiensi menjahit berada pada 55,43% termasuk dalam kategori baik. Kesimpulannya yaitu ketersediaan sarana dan prasarana yang dimiliki program keterampilan tata busana di SMK Negeri I Tegal sudah cukup baik dengan keperluan praktek program keterampilan tata busana
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Sarana dan Prasarana menjahit, Efisiensi Menjahit, Hasil Menjahit, Mata Pelajaran Menjahit. |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, S1 |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 01 Aug 2011 07:29 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 05:03 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3110 |
Actions (login required)
View Item |