PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KARTU HASIL STUDI (SIM KHS) TARUNA AKADEMI KEPOLISIAN


Noviana Ayu Pratiwi , 1102413114 (2017) PENGEMBANGAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN KARTU HASIL STUDI (SIM KHS) TARUNA AKADEMI KEPOLISIAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413114.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Akademi Kepolisian (Akpol) merupakan satu-satunya lembaga pendidikan di Indonesia yang mencetak Perwira Pertama Polri berkualifikasi Sarjana Terapan Kepolisian (S.Tr.K). Memiliki fasilitas gedung untuk mengembangkan Sistem Informasi Akademik Kepolisian (SIAK) yang rencananya akan digunakan sebagai pusat informasi Akademi Kepolisian. Namun hal itu belum diimbangi dengan pemanfaatan yang sesuai karena belum ada sistem yang mendukung rencana tersebut, tentu saja ini menjadi sesuatu yang disayangkan. Terlebih perlu adanya sistem informasi manajemen (SIM) untuk mengganti tata cara pengiriman Kartu Hasil Studi (KHS) yang dikirim ke Orangtua Taruna masih menggunakan cara konvensional. Dari situlah, tibul berapa pertanyaan mengenai manajemen pengelolaan KHS saat ini, kemudian sistem yang bagaimana yang efektif digunakan untuk mengkomunikasikan hasil studi Taruna kepada Orangtua, dan apakah sebuah SIM lebih efektif digunakan untuk menggantikan manajemen KHS sebelumnya. Untuk itu, fokus dari penelitian ini adalah mengembangkan Sistem Informasi Manajemen Kartu Hasil Studi Taruna Akademi Kepolisian. Desain penelitian dilakukan akan menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development). Peneliti ini menggunakan 10 tahapan yang dikembangkan oleh Borg dan Gall dengan mengkombinasikan model pengembangan waterfall. Untuk menguji keefektifan sistem, peneliti menggunakan uji t (paired sample t-test). Pada tabel paired sample t-test, menunjukkan nilai sig = 0,001. Karena nilai sig lebih kecil dari 0,05 atau 0,001 < 0,05, maka H0 ditolak. Berdasarkan dari hasil yang diperoleh, dapat disimpulkan bahwa setelah menggunakan SIM KHS terdapat perbedaan yang signifikan pada peningkatan kinerja pada pengelolaan Kartu Hasil Studi dan lebih efektif digunakan untuk menggantikan manajemen KHS sebelumnya. Berdasarkan simpulan tersebut maka dapat disarankan perlunya menerapkan SIM KHS yang diusulkan untuk mengoptimalkan kinerja Lembaga Pendidikan Akademi Kepolisian karena lebih efektif dan efisien.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kartu Hasil Studi, model waterfall, Orangtua Taruna Akademi Kepolisian, Sistem Informasi Manajemen.
Subjects: L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 24 May 2018 11:41
Last Modified: 24 May 2018 11:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31094

Actions (login required)

View Item View Item