EVALUASI PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONALPENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARANDI BALAI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN


Leilly Mardyani , 1102413085 (2017) EVALUASI PELAKSANAAN JABATAN FUNGSIONALPENGEMBANG TEKNOLOGI PEMBELAJARANDI BALAI PENGEMBANGAN MULTIMEDIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413085.pdf]
Preview
PDF
Download (915kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh ditetapkannya Permenpan Nomor: PER/2/M.PAN/3/2009 yang mengatur terbentuknya Jabatan Fungsional Pengembang Teknologi Pembelajaran. Pengembang Teknologi Pembelajaran (PTP) adalah jabatan yang mempunyai ruang lingkup tugas, tanggung jawab dan wewenang untuk melakukan kegiatanpengembangan teknologi pembelajaran yang diduduki oleh PNS dengan hak dan kewajiban yang diberikan secara penuh oleh pejabat yang berwenang. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendiskripsikan pelaksanaan kegiatan Jabatan Fungsional PTP, kendala pelaksanaan, dan upaya yang dilakukan untuk mengatasi kendala tersebut. Penelitian ini menggunakan pendekatankualitatif deskriptifdengan studi evaluatif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan kegiatan PTP telah berjalan dengan baik. Karena dalam pelaksanaan kegiatan telah mempertimbangkan rincian kegiatan sesuai dengan jenjang jabatan PTP yang ada dalam Permenpan Nomor: PER/2/M.PAN/3/2009 dan Permendikbud Nomor 128 tahun 2014. Kendala dialami diantaranya kemampuan menulis pegawai dalam menyusun instrumen penggali data dan instrumen evaluasi penerapan dan pemanfaatan media pembelajaran, kemampuan menuntakan tugas oleh pegawai PTP yang belum tepat waktu, belum adanya pemantauan terhadap user atau pengunjung website oleh instansi, dan kebijakan kantor yang belum konsisten untuk melaksanakan kegiatan evaluasi penerapan dan pemanfaatan media pembelajaran.Upaya-upaya telah dilakukan diantaranya melakukan perbaikan untuk instrumen, pegawai membuat perencanaan waktu agar tugas dapat diselesaikan secara tepat waktu, mengembangkan sistem single login dengan melakukan kerjasama dengan Pustekkom, dan pegawai PTP mengajukan kepada instansi untuk melaksanakan kegiatan evaluasi penerapan dan pemanfaatan model. Saran bagi pegawai PTP yaitu perlu meningkatkan kemampuan menulis dalam menyusun instrumen danlaporan kegiatan. Pegawai PTP juga perlu meningkatkan kemampuan dalam memproduksi sistem/model teknologi pembelajaran baru agar media yang dikembangkan mampu mengikuti perkembangan teknologi. BPMPK seharusnya lebih konsisten dalam mendukung kegiatan PTP khususnya pada pelaksanaan kegiatan evaluasi penerapan sistem/model dan pemanfaatan media pembelajaran. Pustekkom juga perlu meningkatkan kerjasama dengan BPMPK dalam membantu mensosialisasikan media-media yang telah dikembangkan oleh BPMPK.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengembang Teknologi Pembelajaran, Multimedia Pembelajaran
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 16:56
Last Modified: 23 May 2018 16:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31087

Actions (login required)

View Item View Item