PEMANFAATAN MEDIA COACHING AND COUNSELING (MCC) DALAM DIKLAT KEPEMIMPINAN DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH (BPSDMD) PROVINSI JAWA TENGAH


Nani Maryani , 1102413067 (2017) PEMANFAATAN MEDIA COACHING AND COUNSELING (MCC) DALAM DIKLAT KEPEMIMPINAN DI BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA DAERAH (BPSDMD) PROVINSI JAWA TENGAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413067.pdf]
Preview
PDF
Download (908kB) | Preview

Abstract

media pembelajaran, off campuss, diklat, media coaching and counseling. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh munculnya Diklat pola baru yang diatur pada Perkalan No. 20 Tahun 2015 yang membagi pembelajaran menjadi dua metode, yaitu on campuss dan off campuss. Atas dasar peraturan baru tersebut, BPSDMD Provinsi Jawa Tengah merancang media baru yang disebut Media Coaching and Counseling (MCC) sebagai media komunikasi diskusi, konsultasi, tanya jawab, dan pelaporan kegiatan peserta Diklat dengan coach saat off campuss. Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pemanfaatan MCC, faktor penghambat dan pendukung, serta solusi untuk mengatasi hambatan tersebut. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara kepada peserta Diklat, coach, dan pengembang MCC, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan MCC dalam Diklat Kepemimpinan di BPSDMD Provinsi Jawa Tengah belum ada interaksi yang positif, karena belum adanya interaksi komunikasi yang intensif antara peserta Diklat dengan coach. Pemanfaatan MCC menemui beberapa kendala, yaitu skill peserta Diklat yang berbeda, faktor usia, mindset peserta, keterbatasan media, mobilitas coach yang tinggi, dan infrastruktur di Indonesia yang belum merata. Selain kendala tersebut, terdapat pula faktor pendukung, yaitu sarana dan prasarana yang lengkap dalam sosialisasi pemanfaatan MCC, adanya tutor sosialisasi MCC yang dengan sabar membimbing peserta, sosialisasi yang lebih mengutamakan praktik, dan adanya manual handbook dan video tutorial yang diberikan kepada peserta. Solusi dari adanya kendala tersebut adalah dengan memberikan alternatif pilihan kepada peserta Diklat dan coach untuk menggunakan media komunikasi alternatif lain seperti whatsapp, email, facebook, dan BBM, tanpa mengabaikan MCC, perlu adanya perbaikan media, dan meminta bantuan pihak lain ketika mengalami kesulitan dalam pemanfaatan MCC. Saran yang dapat diberikan oleh peneliti yaitu, perlu dibuat Standar Operasional Prosedur (SOP) sebagai acuan baku dalam pemanfaatan MCC, perlu adanya evaluasi MCC secara khusus, dan harus ada komitmen yang kuat dari semua pihak terkait untuk untuk terus meningkatkan kualitas diri dan konsisten menggunakan MCC sebagai media utama dalam off campuss.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran, off campuss, diklat, media coaching and counseling.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 16:29
Last Modified: 23 May 2018 16:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31084

Actions (login required)

View Item View Item