IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NU UNGARAN


Ade Romadoni , 1102413051 (2017) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMK NU UNGARAN. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102413051.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Perubahan kurikulum merupakan suatu langkah berbaikan dan peningkatan mutu pendidikan. Model pembelajaran merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap keberhasilan pembelajaran, oleh karena itu model yang diterapkan harus sesuai dengan kurikulum yang berlaku yaitu kurikulum 2013, serta sesuai dengan karakteristik materi yang dipelajari. Pembelajaran sistem komputer di SMK NU Ungaran menggunakan model Problem Based Learning namun tidak diterapkan sepenuhnya dan hanya menggunakan model konvensional, hal ini menyebabkan aktivitas dan hasil belajar siswa tidak optimal. Hasil observasi menunjukkan aktivitas belajar siswa hanya 43,63 %, dengan persentase ketuntasan klasikal hanya mencapai 15.15%. Hal ini menjadi pertimbangan dalam pemilihan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI TKJ 1 SMK NU Ungaran, yang berjumlah 33 siswa. Peneliti bertindak pengamat pembelajaran dan yang mengajar adalah guru kelas mata pelajaran sistem komputer. Prosedur penelitian ini terdiri dari dua sub pokok penelitian, yaitu pre-test dan post-test. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, soal tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan, aktivitas dan hasil belajar siswa meningkat setelah menerapkan model Problem Based Learning. Hasil observasi pada pre-test aktivitas belajar menunjukkan persentase rata-rata siswa sebesar 43.63% meningkat pada post-test menjadi 71.59%, dan pada hasil belajar siswa rata-rata hasil tes 60.61, dengan ketuntasan klasikal 15.15% meningkat menjadi rata-rata hasil tes 83.43, dengan ketuntasan klasikal mencapai 78.79%. Simpulan penelitian ini adalah, model Problem Based Learning mampu meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa pada kompetensi dasar memahami karakteristik Set Instruksi (operand dan operasi) di SMK NU Ungaran. Saran bagi siswa yang hendak melaksanakan pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning harus memahami langkah-langkah dalam melaksanakan pembelajaran, hal tersebut bertujuan agar tidak banyak waktu yang terbuang. Saran bagi guru adalah harus mampu merencanakan dan mengelola waktu pembelajaran menggunakan model Problem Based Learning dengan baik dan memberikan penjelasan secara rinci kepada siswa mengenai langkah-langkah pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran, Problem Based Learning, Aktivitas Belajar, Hasil Belajar, Sistem Komputer, Set Instruksi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 14:35
Last Modified: 23 May 2018 14:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31079

Actions (login required)

View Item View Item