IMPLEMENTASI VIDEO TUTORIAL SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK MEMBANGUN JARINGAN SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) AL-ISLAM SURAKARTA


AKMAL YUDITYA ADIAR , 1102412119 (2017) IMPLEMENTASI VIDEO TUTORIAL SEBAGAI BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA MATERI POKOK MEMBANGUN JARINGAN SISWA KELAS X JURUSAN TEKNIK KOMPUTER DAN JARINGAN (TKJ) SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN (SMK) AL-ISLAM SURAKARTA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412119.pdf]
Preview
PDF
Download (807kB) | Preview

Abstract

Salah satu permasalahan dalam proses belajar mengajar bahwa seringkali peserta didik dihadapkan pada materi abstrak dan di luar pengalaman sehari-hari, sehingga materi menjadi sulit diajarkan guru dan sulit dipahami peserta didik. Proses pembelajaran pada mata pelajaran produktif di SMK Al-Islam Surakarta menunjukan adanya kesulitan saat guru menyampaikan materi di dalam kelas. Kurangnya variasi dalam penyampaian materi menyebabkan siswa merasa bosan, sehingga materi yang disampaikan oleh guru tidak dapat diterima dengan baik oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media pembelajaran video tutorial sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran produktif khususnya pada materi pokok membangun jaringan. Lokasi penelitian dilaksanakan di SMK Al-Islam Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X TKJ SMK Al-Islam Surakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa pretest dan posttest. Analisis data dilakukan dengan deskriptif presentase dan uji t satu sampel untuk ketuntasan siswa. Media yang digunakan dalam penelitian adalah media video tutorial yang telah dikembangkan oleh Kemdikbud. Hasil penelitian menunjukkan: (1) Hasil uji efektifitas dengan menggunakan Uji t satu sampel didapati hasil bahwa pada α = 5 % dengan dk=27-1 = 26 diperoleh ttabel = 2,056. Didapat thitung = 7,188 > ttabel = 2,056. Karena thitung > ttabel maka hipotesis (Ha) diterima sehingga terdapat perbedaan hasil belajar siswa setelah menggunakan media pembelajaran video tutorial. (2) Hasil belajar materi pokok membangun jaringan yang menggunakan media pembelajaran video tutorial lebih baik daripada yang menggunakan media presentasi pada siswa kelas X TKJ SMK Al-Islam Surakarta. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran video tutorial efektif untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran produktif materi pokok membangun jaringan kelas X di SMK Al-Islam Surakarta. Berdasarkan simpulan tersebut maka dapat disarankan bahwa media pembelajaran video tutorial dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran dalam mata pelajaran produktif materi pokok membangun jaringan dasar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Video Tutorial, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 23 May 2018 13:54
Last Modified: 23 May 2018 13:54
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31071

Actions (login required)

View Item View Item