KINERJA GURU DALAM PENILAIAN AUTENTIK SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI
Hendyeka Angga Putra , 1102412103 (2017) KINERJA GURU DALAM PENILAIAN AUTENTIK SEBAGAI IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 PADA PEMBELAJARAN BIOLOGI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kurikulum 2013 sudah berjalan selama 3 tahun ini. Pada kurikulum 2013 ini menekankan pada penilaian autentik. Pada penilaian autentik ini memiliki tujuan umum mengetahui kinerja guru dalam melaksanakan penilaian autentik dalam proses pembelajaran dan tujuan khusus seberapa jauh kinerja guru dalam melaksanakan penilaian autentik yang meliputi tahap perencanaan penilaian, pelaksanaan penilaian, dan hasil penilaian guru dalam penilaian autentik sebagai implementasi kurikulum 2013 di SMA Negeri 2 Mranggen. Tujuan ini akan menghasilkan tercapainya kinerja guru dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif studi kasus. Model penelitian ini diperoleh karena peneliti ingin mengetahui pelaksanaan penilaian dari sudut perencanaan, pelaksanaan, dan hasil. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 2 Mranggen dengan dua guru mata pelajaran Biologi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kinerja guru dalam penilaian autentik sebagai implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran biologi sebagai berikut: tahap perencanaan penilaian menunjukkan hasil dengan rata-rata 82,35%, ini termasuk tingkat ketercapaian penilaian perencanaan kategori baik yaitu dengan hasil 2,83. Tahap pelaksanaan penilaian menunjukkan hasil dengan rata-rata 80,00%, ini termasuk tingkat ketercapaian penilaian pelaksanaan kategori baik yaitu dengan hasil 2,63. Tahap hasil penilaian menunjukkan hasil dengan rata-rata 77,38%, ini termasuk tingkat ketercapaian penilaian hasil kategori baik yaitu dengan hasil 2,61. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa kinerja guru dalam penilaian autentik sebagai implementasi kurikulum 2013 pada pembelajaran biologi secara keseluruhan termasuk dalam kategori baik dengan perolehan rata-rata 79,91%. Berdasarkan hasil penelitian, sebagai bahan perbaikan dalam implementasi kurikulum 2013 selanjutnya, saran yang dapat diberikan hendaknya guru membuat perencanaan penilaian yang rinci dan teliti sehingga tidak ada poin dalam indikator yang terlewatkan dalam penilaian. Sehingga memenuhi kriteria penilaian autentik dan sesuai dengan standar kurikulum 2013. ix
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kinerja Guru, Penilaian Autentik, Implementasi Kurikulum 2013 |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | Users 98 not found. |
Date Deposited: | 23 May 2018 12:17 |
Last Modified: | 23 May 2018 12:17 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31064 |
Actions (login required)
View Item |