BEST PRACTICES MANAJEMEN KEUNGGULAN DI TK ALAM AR RIDHO SEMARANG


Ahmad Abdun Salam , 1102412095 (2017) BEST PRACTICES MANAJEMEN KEUNGGULAN DI TK ALAM AR RIDHO SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412095.pdf]
Preview
PDF
Download (901kB) | Preview

Abstract

Maraknya model sekolah alam yang ada saat ini, menjadikan peneliti tertarik untuk mengetahui kiat-kiat terbaik (best practices) dalam pengelolaan manajemen di TK Alam Ar Ridho Kota Semarang, yang memiliki konsep kombinasi antara pendidikan alam dan agama. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, serta pengendalian yang diunggulkan di sekolah ini, sehingga dapat menjadi wawasan baru dalam pengelolaan manajemen pendidikan. Desain penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan jenis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa ada beberapa kiat-kiat terbaik (best practices) manajemen keunggulan yang ada di TK Alam Ar Ridho Semarang. kiat-kiat terbaik itu diantaranya yang menjadi keunggulan adalah sebagai berikut: 1) Penerimaan siswa yang tidak hanya melihat umur saja, namun juga mengadakan sit in yang bertujuan untuk mengetahui karakteristik siswa, dan juga wawancara dengan orang tua, guna mengajak orang tua berpartisipasi aktif dalam pendidikan anak. Hal ini karena dirasa bahwa awal yang baik akan memperlancar proses pembelajaran selanjutnya. 2) Struktur kurikulum di TK Alam Ar Ridho memiliki lebih banyak aspek yang diajarkan, tidak hanya mengikuti standar pemerintah dalam Kurikulum 2013, namun menggunakan kurikulum tersendiri yaitu core value, dengan tambahan aspek kepemimpinan (leadership) dan lingkungan konservasi. 3) Sarana dan prasarana yang ada di Ar Ridho sangat mendukung pembelajaran dengan model pembelajaran experience dan santific, sehingga hal ini mendukung pembelajaran. 4) Pelaksanaan pembelajaran di Ar Ridho berprinsip bahwa alam dan lingkungan sekitar sebagai sumber belajar, tidak seperti sekolah lain yang menjadikan kelas sebagai pusat belajar, Ar Ridho lebih banyak belajar di luar kelas sehingga anak bisa bereksperimen secara langsung. 5) Banyak program unggulan di Ar Ridho yang menjadikan anak memiliki keberanian, jiwa kepemimpinan, dan mental yang kuat, yaitu dengan adanya outbound setiap minggu sekali, pagelaran di setiap puncak tema, dan outing untuk memperkenalkan anak-anak dengan pembelajaran yang sebenarnya. Saran yang diberikan adalah TK Alam Ar Ridho harus selalu mencari inovasi terbaru agar selalu memiliki keunggulan, dan apabila ada keunggulan yang ada maka wujud nyata seperti karya atau prestasi sangat dibutuhkan guna pengakuan dari masyarakat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Best Practices, Manajemen, Sekolah Alam.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 17:08
Last Modified: 22 May 2018 17:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31062

Actions (login required)

View Item View Item