PERILAKU PESERTA DIDIK DAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 39 SEMARANG


Sofi Andriyanto , 1102412047 (2017) PERILAKU PESERTA DIDIK DAN PENGETAHUAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DALAM PENERAPAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SMP NEGERI 39 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1102412047.pdf]
Preview
PDF
Download (714kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berdasarkan tujuan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) belum bisa tercapai untuk mewujudkan peserta didik tidak hanya memperoleh nilai yang tinggi namun diharapkan dapat mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perilaku peserta didik dan pengetahuan PAI dalam penerapan pendidikan karakter di kelas VIIIA SMP Negeri 39 Semarang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian ini yaitu wakil kepala sekolah, waka kurikulum, guru PAI, dan peserta didik kelas VIIIA. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, dan verifikasi data. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan menggunakan triangulasi sumber dan teknik untuk membandingkan data hasil pengamatan, data wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa, 1) perilaku peserta didik di SMPN 39 Semarang sudah baik, terbukti dari hasil penilaian karakter sebagian besar memperoleh nilai B yang berarti baik. Perilaku peserta didik dipengaruhi oleh keadaan keluarga dan lingkungan pertemanan. Adanya kesenjangan perilaku peserta didik yang masih kurang memiliki kesadaran atas kewajiban diri sendiri, terhadap orang lain, dan lingkungan sekitar sekolah. Sekolah dalam mengatasi kesenjangan perilaku peserta didik melalui tahap pendekatan, pembinaan akhlak, dan penyelesaian dengan melibatkan guru mata pelajaran, wali kelas, guru Bimbingan konseling, dan orang tua peserta didik. 2) penguasaan pengetahuan PAI peserta didik sudah baik, dapat dilihat dari hasil nilai semester yang sudah memenuhi standar KKM mata pelajaran PAI. 3) pelaksanaan pendidikan karakter dalam proses pembelajaran PAI di SMPN 39 Semarang sudah ditanamkan nilainilai karakter dari kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup dengan menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi agar peserta didik terlibat aktif dalam kegiatan belajar mengajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: perilaku peserta didik, pengetahuan pendidikan agama islam, pendidikan karakter
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Character Building
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 22 May 2018 14:17
Last Modified: 22 May 2018 14:17
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31052

Actions (login required)

View Item View Item