PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA STUDI KASUS : SISWA KELAS VB SDN KARANGAYU 02 KOTA SEMARANG


Novi Yulia Indriyanti , 1401413025 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS PPT UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA STUDI KASUS : SISWA KELAS VB SDN KARANGAYU 02 KOTA SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413025.pdf]
Preview
PDF
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan penelitian awal yang dilakukan peneliti menemukan permasalahan bahwa guru kurang maksimal dalam menggunakan media pembelajaran, maka penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis ppt, mengetahui kelayakan media, dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran interaktif berbasis ppt materi keragaman suku bangsa dan budaya mata pelajaran IPS kelas VB SDN Karangayu 02 Kota Semarang. Penelitian ini adalah penelitian Research and Development (R&D), dengan menggunakan metode SDLC dan model Waterfall yang memiliki 5 tahapan yakni tahap : Analysis, Design, Implementasi, Testing, Maintenance . Desain penelitian ini adalah one group pre-test post-test . Subjek penelitian ini adalah siswa, guru, ahli, dan peneliti. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik tes yang meliputi pre-test dan post-test serta teknik non- tes yang meliputi wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini diperoleh penilaian ahli terhadap media yang dikembangkan peneliti yaitu media pembelajaran interaktif berbasis ppt dan memperoleh kriteria layak serta sangat layak, persentase penilaian ahli materi sebesar 89% dan ahli media sebesar 79%. Media yang dikembangkan peneliti efektiv digunakan hal tersebut dapat dilihat dari hasil belajar pretest dan postest dihitung menggunakan N-Gain mengalami peningkatan sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Berdasarkan uji hipotesis dengan uji t-test (Paired Samples Test) dengan bantuan program SPSS, pada output diketahui nilai = 10,862 lebih besar dari = 1,706, maka Ha diterima dan Ho ditolak yang artinya terdapat perbedaan hasil IPS materi Keragaman Suku Bangsa dan Budaya sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran interaktif berbasis ppt. Kesimpulan dari penelitian ini adalah media pembelajaran interaktif berbasis ppt yang dikembangkan, layak dan efektif. Siswa disarankan untuk menggunakan media yang dikembangkan agar dapat belajar mandiri dirumah, guru juga disarankan agar dapat mengembangkan media yang lebih bervariasi, selain itu sekolah juga disarankan intuk memfasilitasi pendidik untuk mengikuiti pelatihan pengembangan media guna memperluas wawasannya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: media pembelajaran interaktif berbasis ppt, IPS, hasil belajar.
Subjects: L Education > L Education (General) > Interactive Learning
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
L Education > LT Textbooks
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 14:30
Last Modified: 21 May 2018 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31035

Actions (login required)

View Item View Item