PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WOT (WEBSITE ON TUMBLR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA STUDI KASUS : SISWA KELAS IV SD THB SEMARANG


Intan Febriana , 1401413018 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WOT (WEBSITE ON TUMBLR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MATERI KERAGAMAN SUKU BANGSA DAN BUDAYA STUDI KASUS : SISWA KELAS IV SD THB SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan wawancara dan data lapangan permasalahan tersebut juga terjadi di SD Tunas Harum Bangsa Semarang. Hal ini terbukti pemahaman siswa terhadap materi IPS masih rendah, media kurang karena guru sering menggunakan gambar-gambar yang ada di buku teks sebagai media, sumber belajar siswa hanya buku pinjaman dari sekolah, minat baca siswa sangat rendah, motivasi siswa untuk mempelajari materi IPS sangat kurang. Jenis Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research and Development (R&D). Menurut Sugiyono (2015:407), penelitian pengembangan adalah metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu dan menguji keefektifan produk tersebut. Produk yang dikembangkan dalam penelitian ini adalah media pembelajaran website on tumblr. Dalam penelitian ini menggunakan model yang diadaptasi dari model pengembangan menurut Sugiyono. Prosedur pengembangan yang dilakukan oleh peneliti yaitu: 1) potensi dan masalah; 2) pengumpulan data; 3) desain produk; 4) validasi desain; 5) uji coba produk; 6) revisi produk; dan 7) uji coba pemakaian. Berikut hasil penelitian yang dilakukan. Hasil uji t (Paired Sample Test) output paired sample test dengan SPSS versi 16, diperoleh nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000. Nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka disimpulkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang artinya terdapat perbedaan secara signifikan antara hasil belajar IPS materi Keragaman suku bangsa dan budayatingkat pusat, layak dan efektif dapat meningkatkan hasil belajar IPS Kelas IV SD Tunas Harum Bangsa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Keragaman suku bangsa;website on tumblr; media; pengembangan.
Subjects: L Education > L Education (General) > Instructional Media
L Education > L Education (General) > Cooperative Learning
L Education > L Education (General) > Development of Learning Media
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 14:30
Last Modified: 21 May 2018 14:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31031

Actions (login required)

View Item View Item