PERAN GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD NEGERI 2 SUDAGARAN KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS


Septiana Pambayun , 1401413016 (2017) PERAN GURU KELAS DALAM PELAKSANAAN BIMBINGAN DAN KONSELING DI SD NEGERI 2 SUDAGARAN KECAMATAN BANYUMAS KABUPATEN BANYUMAS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 1401413016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (591kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsi peran guru kelas dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling, serta faktor-faktor yang memengaruhi pelaksanaan bimbingan dan konseling di SD Negeri 2 Sudagaran Kecamatan Banyumas Kabupaten Banyumas. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman. Uji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam tahap perencanaan, guru kelas telah melakukan pengamatan dan wawancara kepada peserta didik; dalam tahap pelaksanaan, guru kelas telah melaksanakan layanan bimbingan dan konseling serta kegiatan pendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling; selanjutnya dalam tahap evaluasi, guru kelas belum melakukan dengan maksimal; dan belum ada administrasi yang sistematis, karena guru kelas hanya melakukan administrasi secara sederhana. Faktor yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling yaitu paguyuban yang menjadi jembatan antara guru kelas dengan orangtua peserta didik, dan kerjasama dengan masing-masing warga sekolah. Faktor penghambat pelaksanaan bimbingan dan konseling adalah waktu untuk melaksanakan bimbingan dan konseling, serta latar belakang pendidikan guru kelas yang bukan bimbingan dan konseling, sehingga guru kelas hanya belajar secara otodidak tentang pelaksanaan bimbingan dan konseling. Berdasarkan hasil penelitian, peneliti memberikan saran, sebaiknya guru kelas senantiasa melaksanakan layanan bimbingan dan konseling; guru kelas sebagai guru pembimbing, hendaknya meningkatkan wawasan, pengetahuan, dan pemahaman yang lebih luas tentang pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling melalui seminar dan sebagainya; serta kepala sekolah sebagai penanggungjawab, hendaknya melakukan koordinasi dengan dinas Pendidikan terkait, untuk mengkaji lebih lanjut pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah dasar, untuk mengadakan penyuluhan bagi guru kelas.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan Bimbingan dan Konseling; Peran Guru Kelas.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > Evaluation of Learning
L Education > LB Theory and practice of education > Teaching Materials
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar (S1)
Depositing User: Akhmad Abdul Hakim
Date Deposited: 21 May 2018 14:29
Last Modified: 21 May 2018 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31029

Actions (login required)

View Item View Item