PENGEMBANGAN MATERI AJAR PEMBELAJARAN TEKS BERITA BERBAHASA JAWA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII DI KABUPATEN BREBES


Sundang Intan Aulia , 2601412053 (2017) PENGEMBANGAN MATERI AJAR PEMBELAJARAN TEKS BERITA BERBAHASA JAWA BERMUATAN KEARIFAN LOKAL UNTUK SISWA SMP KELAS VIII DI KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 2601412053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (392kB) | Preview

Abstract

Materi ajar merupakan salah satu aspek terpenting dalam pembelajaran. Hal tersebut dikarenakan materi ajar merupakan faktor pendukung yang utama dalam keberhasilan pembelajaran. Saat ini materi ajar yang digunakan dalam pembelajaran tersebut kurang sesuai dengan konteks dan kondisi sosial budaya siswa. Hal tersebut membuat materi ajar kurang menarik sehingga membuat siswa kurang termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Berdasarkan paparan tersebut, masalah penelitian ini adalah 1) Apa sajakah kebutuhan siswa dan guru terhadap materi ajar pembelajaran teks berita berbahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa SMP kelas VIII di Kabupaten Brebes; 2) Bagaimanakah prototipe materi ajar pembelajaran teks berita berbahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa SMP kelas VIII di Kabupaten Brebes sesuai kebutuhan siswa dan guru; 3) Bagaimanakah hasil uji ahli terhadap materi ajar pembelajaran teks berita berbahasa Jawa bermuatan kearifan lokal untuk siswa SMP kelas VIII di Kabupaten Brebes. Desain penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan angket, wawancara, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik deskriptif kualitatif. Hasil penlitian ini berupa materi ajar teks berita berbahasa Jawa bermuatan kearifan lokal Kabupaten Brebes yang dibuat sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa. Materi ajar ini berbentuk buku yang berisi teks berita berbahasa Jawa ragam krama dan evaluasi. Teks berita dalam materi ajar tersebut berlatar belakang kearifan lokal yang ada di Kabupaten Brebes. Kearifan lokal tersebut diantaranya berupa makanan khas Brebes yaitu telor asin dan bawang merah serta kebudayaan khas Brebes misalnya Manten Tebu, Tari Topeng, Burok, Sintren, Jaran Lumping, Sanggul dan lain-lain. Hasil uji validasi ahli materi, dan pengguna menunjukkan bahwa materi ajar teks berita ini sudah layak digunakan dalam pembelajaran, namun ada beberapa bagian yang masih perlu diperbaiki. Saran yang dapat disampaikan berdasarkan hasil penelitian tersebut adalah 1) bagi guru dan siswa, agar dapat memanfaatkan materi ajar teks berita ini sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran, 2) peneliti lain dapat melanjutkan penelitian ini untuk menguji keefektifan materi ajar teks berita bermuatan kearifan lokal Kabupaten Brebes.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Materi Ajar, Teks Berita, Kearifan Lokal
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Model
L Education > LB Theory and practice of education > Learning Method
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1)
Depositing User: Eko Handoyo Eko
Date Deposited: 18 May 2018 13:40
Last Modified: 18 May 2018 13:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31020

Actions (login required)

View Item View Item