PENGEMBANGAN MATERI AJAR MENELAAH TEKS CRITA CEKAK DI SMA KABUPATEN BREBES
Didik Ardianto , 2601412006 (2017) PENGEMBANGAN MATERI AJAR MENELAAH TEKS CRITA CEKAK DI SMA KABUPATEN BREBES. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (748kB) | Preview |
Abstract
Salah satu kompetensi dasar yang terdapat di Kurikulum 2013 Bahasa Jawa SMA yaitu menelaah teks crita cekak (cerkak). Pembelajaran cerkak di Kabupaten Brebes, guru hanya menggunakan LKS dan buku teks seadanya yang masih menggunakan cerkak dengan bahasa Jawa dialek Semarang atau Surakarta. Hal ini disebabkan guru Bahasa Jawa di Kabupaten Brebes tidak semuanya berasal dari Kabupaten Brebes. Bagi guru yang bukan berasal dari Kabupaten Brebes mengalami kesulitan jika ingin membuat materi ajar menelaah teks cerkak yang sesuai dengan konteks siswa. Penggunaan LKS dan buku teks ini mengakibatkan siswa kesulitan dalam mengikuti pembelajaran cerkak. Berdasarkan uraian tersebut, masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana analisis kebutuhan siswa dan guru terhadap materi ajar menelaah teks crita cekak untuk siswa kelas X SMA di Kabupaten Brebes? (2) bagaimana prototipe materi ajar menelaah teks crita cekak untuk siswa kelas X SMA di Kabupaten Brebes berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan guru? (3) bagaimana prototipe materi ajar menelaah teks crita cekak untuk siswa kelas X SMA di Kabupaten Brebes berdasarkan hasil uji validasi ahli? (4) bagaimana hasil uji kelayakan prototipe materi ajar menelaah teks crita cekak pada siswa kelas X SMA di Kabupaten Brebes? Adapun tujuan penelitian ini adalah (1) mendeskripsikan dan menganalisis kebutuhan siswa dan guru terhadap materi ajar menelaah teks cerkak untuk siswa kelas X SMA di Kabupaten Brebes, (2) mendeskripsikan prototipe materi ajar menelaah teks cerkak untuk siswa kelas X SMA di Kabupaten Brebes berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan guru, (3) medeskripsikan prototipe materi ajar menelaah teks crita cekak untuk siswa kelas X SMA di Kabupaten Brebes berdasarkan hasil uji validasi ahli, (4) mendiskripsikan hasil uji kelayakan prototipe materi ajar menelaah teks crita cekak pada siswa kelas X SMA di Kabupaten Brebes. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian pengembangan (Research and Development). Prosedur penelitian yang dilakukan adalah analisis kebutuhan, merancang prototipe, validasi desain/uji ahli, revisi prototipe, dan uji terbatas/uji kelayakan. Pengumpulan data menggunakan teknik angket yang meliputi angket kebutuhan, angket uji validasi ahli, dan angket uji kelayakan. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kualitatif. Prototipe materi ajar menelaah teks crita cekak dikembangkan berdasarkan hasil analisis kebutuhan siswa dan guru berupa buku materi ajar dengan judul Kumpulan Cerkak Brebesan. Buku materi ajar ini berisi 8 cerita tentang kehidupan siswa di Kabupaten Brebes dan ditulis dengan bahasa Jawa dialek Brebes ragam ngoko. Latar belakang cerkak menggunakan nama-nama desa,kecamatan, dan tempat-tempat wisata di Kabupaten Brebes. Selain itu, di dalam buku materi ajar ini juga dilengkapi ilustrasi pendukung cerita untuk menarik dan memudahkan siswa dalam memahami isi cerkak. Prototipe yang sudah disusun kemudian diuji validasi kepada ahli. Berdasarkan hasil uji validasi ahli, dilakukan beberapa perbaikan pada prototipe. Perbaikan pada sampul yaitu mengganti judul dan ilustrasi dengan yang lebih menarik. Judul yang sebelumnya Kumpulan Cerkak Brebesan diganti menjadi Warjok Kidul Alun-Alun Brebes: Kumpulan Cerkak Brebesan. Selain pada sampul, perbaikan juga dilakukan pada bagian isi buku. Buku materi ajar menelaah teks crita cekak juga melalui uji kelayakan pada siswa kelas X SMA di Kabupaten Brebes. Uji kelayakan ini menunjukkan bahwa materi ajar yang dikembangkan diterima oleh siswa. Hal ini dibuktikan dengan nilai yang diperoleh dari uji kelayakan yang menunjukkan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian ini, maka saran yang dapat disampaikan yaitu, (1) guru Bahasa Jawa SMA di Kabupaten Brebes disarankan menggunakan buku materi ajar ini sebagai alternatif bahan ajar kompetensi dasar menelaah teks crita cekak di kelas, (2) produk penelitian ini belum melalui uji kefektivan, sebaiknya dilakukan penelitian lanjutan untuk menguji efektivitas produk.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Kata kunci: pengembangan, materi ajar, crita cekak |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia L Education > L Education (General) > Instructional Media P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Javanese Language and Literature |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Jawa (S1) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 18 May 2018 13:23 |
Last Modified: | 18 May 2018 13:23 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/31017 |
Actions (login required)
View Item |