PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MINIATUR DIFERENSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI CHASSIS DAN PEMINDAH DAYA


Bima Wira Nusantoro , 5202413078 (2017) PENGEMBANGAN ALAT PERAGA MINIATUR DIFERENSIAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATA KULIAH TEORI CHASSIS DAN PEMINDAH DAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202413078.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini berujuan untuk mengembangkan alat peraga miniatur diferensial serta menguji kelayakan alat peraga dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah menggunakan alat peraga miniatur diferensial pada mata kuliah teori chassis dan pemindah daya. Metode yang digunakan adalah research and development dengan model pengembangan 4D dan desain penelitian one group pre test post test design. Data dari penelitian ini adalah data kelayakan alat peraga dan data hasil belajar mahasiswa. Analisis yang digunakan pada data penelitian adalah uji normalitas serta homogenitas pada pra analisis dan uji kesamaan satu pihak dengan uji gain. Subjek coba penelitia ini adalah mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Semarang angkatan 2015 yang berjumlah 37 siswa. Hasil analisis data mendapatkan bahwa alat peraaga miniatur diferensial layak untuk digunakan pada pembelajaran teori chassis dan pemindah daya kompetensi sistem diferensial dengan rata-rata prosentase sebesar 83,75% dan 86,43% yang berada pada kriteria sangat layak. Alat peraga yang dibuat diuji cobakan pada pembelajaran menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar setelah menggunakan alat peraga miniatur diferensial. Hal ini terlihat dari hasil nilai rata-rata pre test sebesar 43,1 dan rata-rata post test 59,1 yang kemudian diuji kesamaannya menunjukkan nilai t hitung lebih besar dari t tabel dengan kriteria peningkatan sedang pada uji gain dan prosentase peningkatan sebesar 37,1%. Maka dapat disimpulkan bahwa alat peraga miniatur diferensial mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa pada kompetensi memahami sistem diferensial.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat peraga, diferensial, teori chassis dan pemindah daya.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 11 May 2018 13:08
Last Modified: 11 May 2018 13:08
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30990

Actions (login required)

View Item View Item