PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN JOB SHEET BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI CONVENTIONAL ENGINE TUNE UP


Putri Laxmita Devi , 5202413003 (2017) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN JOB SHEET BERBASIS PERFORMANCE ASSESSMENT UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI CONVENTIONAL ENGINE TUNE UP. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202413003.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (244kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kelayakan perangkat pembelajaran job sheet berbasis performance assessment untuk pembelajaran conventional engine tune up serta mengetahui seberapa besar peningkatan kompetensi conventional engine tune up siswa kelas XI TKR SMK BISMA KERSANA Kabupaten Brebes dengan menggunakan job sheet berbasis performance assessment. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan, dengan pendekatan kuantitatif desain one group pre test and post test, yang berorientasi pada pengembangan produk. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 kelas TKR (Teknik Kendaraan Ringan) yaitu kelas XI TKR 3 berjumlah 36 siswa di SMK BISMA Kersana, pada mata pelajaran Pemeliharaan Servis Kendaraan Ringan tahun ajaran 2016/2017. Berdasarkan analisis hasil penelitian ini bahwa pengembangan job sheet ini valid (layak) digunakan untuk pembelajaran. Hal ini terlihat dari rata-rata tiga validator ahli yang memvalidasi job sheet. Untuk rata-rata job sheet yang divalidasi oleh ahli materi sebesar 95,51% dengan kriteria sangat layak. Serta setelah menggunakan job sheet berbasis performance assessment keahlian praktik siswa berdasarkan presentase yaitu dari 33.33% menjadi 80.56% dan berdasarkan uji hitung N-gain meningkat sebesar 0,37 yang termasuk dalam kategori sedang. Saran yang dapat disampaikan adalah pembelajaran menggunakan job sheet berbasis performance assessment pada kompetensi conventional engine tune up yang telah dilaksanakan agar pengampu mata pelajaran Pemeliharaan Mesin Kendaraan Ringan dapat menggunakan job sheet tersebut sebagai sumber belajar dan job sheet berbasis performance assessment dapat dikembangkan lagi sesuai dengan perkembangan kompetensi tersebut.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: job sheet, performance assessment, kompetensi, conventional engine tune up.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 May 2018 17:24
Last Modified: 09 May 2018 17:24
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30976

Actions (login required)

View Item View Item