PENERAPAN PERAGA SISTEM TRANSMISI DALAM PENGAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUNJANG KEEFEKTIFAN PENGAJARAN MERAWAT BERKALA TRANSMISI SEPEDA MOTOR


Anif Kurniawan , 5202412086 (2017) PENERAPAN PERAGA SISTEM TRANSMISI DALAM PENGAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENUNJANG KEEFEKTIFAN PENGAJARAN MERAWAT BERKALA TRANSMISI SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412086.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan peraga cutting engine sistem transmisi sepeda motor dan keefektifan pengajaran merawat berkala sistem transmisi dengan pengajaran problem based learning. Penelitian ini menggunakan metode quasi experimental design dengan model non equivalent control group design. Pengumpulan data menggunakan instrumen tes dan angket kelayakan peraga serta indikator keefektifan pengajaran. Validasi kelayakan media memperoleh hasil sebesar 85%, dan kelayakan materi memperoleh hasil sebesar 98,75%, dapat disimpulkan bahwa peraga “sangat layak”. Keefektifan pengajaran memperoleh hasil 71,48% untuk kelas kontrol dan 89,42% untuk kelas eksperimen, dapat disimpulkan bahwa penggunaan pengajaran problem based learning berbantu peraga cutting engine lebih efektif dibandingkan dengan metode ceramah tanpa menggunakan peraga. Hasil analisis pretest dan posttest menerangkan bahwa hasil belajar kompetensi merawat berkala sistem transmisi mengalami kenaikan. Kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 10,11 dan memiliki nilai gain sebesar 0,219. Kelas eksperimen mengalami peningkatan sebesar 24,22 dan memiliki nilai gain sebesar 0,513. Hasil uji t posttest menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Guru hendaknya dapat menerapkan pengajaran menggunakan alat peraga dan memilih pengajaran yang tepat agar siswa lebih aktif dan tidak merasa bosan dalam kegiatan pengajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penerapan, peraga, cutting engine, sistem transmisi, problem based learning.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 09 May 2018 17:22
Last Modified: 09 May 2018 17:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30975

Actions (login required)

View Item View Item