PENGARUH KELAS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI (Studi Kasus Siswa Kelas X IPS MAN 2 Kudus)


Zunita Kurniawati , 7101413411 (2017) PENGARUH KELAS SOSIAL EKONOMI ORANG TUA DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP PERILAKU KONSUMSI (Studi Kasus Siswa Kelas X IPS MAN 2 Kudus). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413411.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (894kB) | Preview

Abstract

Perilaku konsumsi merupakan aktivitas yang dilakukan individu dalam menghabiskan dan atau memanfaatkan apa yang telah dibeli untuk memenuhi kebutuhan. Berdasarkan hasil observasi awal menunjukkan bahwa perilaku konsumsi pada siswa kelas X IPS MAN 2 Kudus relatif tinggi. Hal ini didasarkan defisit yang dialami siswa lebih tinggi yaitu sebesar 71%, impas sebesar 19% dan surplus sebesar 10% dari 50 siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh kelas sosisal ekonomi dan lingkungan keluarga terhadap perilaku konsumsi siswa, baik secara simultan maupun parsial. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas X IPS MAN 2 Kudus yang berjumlah 114 siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode pengumpulan data berupa angket. Metode analisis yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan analisis regresi linear berganda. Hasil penelitian ini adalah (1) ada pengaruh positif kelas sosial ekonomi orang tua secara parsial sebesar 32,5%, (2) ada pengaruh positif lingkungan keluarga secara parsial terhadap perilaku konsumsi siswa sebesar 16,4%. Kelas sosial ekonomi orang tua dan lingkungan keluarga secara simultan berpengaruh terhadap perilaku konsumsi siswa sebesar 52,8%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan, terdapat pengaruh positif kelas sosial ekonomi terhadap perilaku konsumsi, di mana apabila kelas sosial ekonomi dan lingkungan keluarga mengalami kenaikan maka perilaku konsumsi juga akan mengalami kenaikan. Saran yang dapat disampaikan antara lain: sebaiknya Siswa diharap mempunyai pedagang langganan sehingga bisa mengenali dan mengevaluasi barang-barang yang dibeli. Siswa diharap menggunakan uang saku dengan efektif dan seperlunya sehingga bisa mengurangi konsumsi yang tidak diinginkan. Consumption behavior is an activity that individuals do in spending and or utilizing what has been purchased to meet the needs. Based on the results of preliminary observations indicate that consumption behavior in students class X IPS MAN 2 Kudus relatively high. This is based on the deficit experienced by students is higher at 71%, breakeven by 19% and surplus of 10% of 50 students. This study aims to describe the influence of socioeconomic class and family environment on student consumption behavior, either simultaneously or partially. Subjects in this study are students of class X IPS MAN 2 Kudus which amounted to 114 students. This research uses quantitative approach with data collection method in the form of questionnaire. The analysis method used is descriptive statistical analysis and multiple linear regression analysis. The results of this research are (1) there is positive influence of parent class social economy partially equal to 32,5%, (2) there is positive influence of family environment partially to student consumption behavior equal to 16,4%. The socio-economic class of parents and family environment simultaneously affect the student consumption behavior of 52.8% Based on the results of the study can be concluded, there is a positive influence of social economic class on consumption behavior, where if the socio-economic class and the family environment has increased then consumption behavior will also increase. Suggestions that can be delivered include: students are expected to have subcribers so they can recognize and evaluate purchased goods. Students are expected to use pocket money effectively and as necessary so as to reduce unwanted consumption.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Konsumsi, Kelas Sosial Ekonomi Orang Tua, Lingkungan Keluarga. Consumption Behavior, Social Economic Class of Parents, Family Environment.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 09 May 2018 13:10
Last Modified: 09 May 2018 13:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30968

Actions (login required)

View Item View Item