PENGEMBANGAN MODUL CETAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM SUSPENSI


HISYAM KHOLIL , 5202412055 (2017) PENGEMBANGAN MODUL CETAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA KOMPETENSI MEMPERBAIKI SISTEM SUSPENSI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412055.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kelayakan modul cetak sistem suspensi dan mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan modul cetak yang sudah dikembangkan dengan modul yang sudah lama digunakan pada kompetensi memperbaiki sistem suspensi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model R&D yang terdiri dari 10 tahapan yang kemudian disederhanakan menjadi 8 tahapan. Desain uji coba pemakaian menggunakan desain quasi experimental design dengan pola nonequivalent control group design. Produk pengembangan modul cetak memerlukan validasi yang diperoleh dari para validator yang terdiri dari validator ahli materi dan validator ahli bahasa. Uji pemakaian produk yaitu kelas XI TKR SMK Roudlotul Mubtadiin Balekambang dimana kelas XI TKR 1 untuk kelompok eksperimen dan XI TKR 2 untuk kelompok kontrol yang masingmasing kelompok berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu intrumen test dan instrumen kuesioner (angket). Hasil penilaian dari validasi ahli materi diperoleh rata-rata persentase sebesar 85,5% dengan kriteria “sangat layak” dan hasil penilaian dari ahli bahasa diperoleh rata-rata persentase sebesar 77,5% dengan kriteria “layak”. Hasil uji tanggapan siswa menunjukkan modul yang dikembangkan memenuhi kriteria “sangat baik” dengan persentase sebesar 84,2%. Pada peningkatan nilai hasil belajar siswa dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata posttest kelas kontrol sebesar 59,49 dengan hasil rata-rata nilai posttest kelas eksperimen sebesar 77,96 yang telah dilakukan maka penggunaan modul mampu meningkatkan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil perhitungan uji ttabel pada dk= 52 dan α= 5%, memperoleh hasil perhitungan dengan hasil thitung = 14,51 dengan ttabel = 2,05, maka dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan yang siginifikan karena thitung > ttabel. Uji gain pada kelas eksperimen mendapatkan nilai sebesar 0,62 dalam kategori sedang. Saran untuk penelitian ini adalah penggunaan modul harus dilakukan saat awal dari pembelajaran, selain itu hendaknya melakukan beberapa variasi metode pembelajaran dan penggunaan media penunjang pembelajaran lainnya sebagai cara mengatasi kebosanan siswa, serta modul yang telah dihasilkan agar dirawat dengan baik dalam penggunaannya supaya dapat digunakan kembali pada ajaran selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Modul cetak, sistem suspensi, hasil belajar
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 08 May 2018 17:20
Last Modified: 08 May 2018 17:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30960

Actions (login required)

View Item View Item