PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SISTEM POWER MIRROR PADA MATA KULIAH PRAKTIK KELISTRIKAN BODI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Abdul Hamid Cahyadi , 5202412050 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA SISTEM POWER MIRROR PADA MATA KULIAH PRAKTIK KELISTRIKAN BODI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK OTOMOTIF UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412050.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan multimedia sistem power mirror yang telah dikembangkan dan menguji keefektifan multimedia sistem power mirror yang telah dikembangkan dalam pembelajaran pada mata kuliah kelistrikan otomotif sebagai mata kuliah pengantar sebelum mata kuliah praktik sistem kelistrikan bodi. Kelayakan multimedia dilihat dari persentase penilaian ahli media dan ahli materi. Keefektifan multimedia dilihat dari hasil uji t pada pre test dan post test Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model 4-D yang terdiri 4 tahap yaitu define, Design, Development and Dessiminate. Desain eksperimen dalam penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan one group pretest - posttest. Subjek uji coba dalam penelitian berjumlah 30 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang yang mengambil mata kuliah praktik sistem kelistrikan bodi. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ada dua yaitu instrumen tes dan instrumen kuesioner (angket). Dari penelitian yang telah dilaksanakan, dihasilkan multimedia yang sudah divalidasi dan diuji cobakan, hasil validasi yang dilakukan memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 87% dari ahli media dan 85,76% dari ahli materi. Kedua penilaian ahli tersebut memperoleh kriteria sangat layak. Hasil dari uji coba kepada mahasiswa dalam pembelajaran terbukti efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan selisih rata-rata pretest-posttest sebesar 20,4, selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 16,12 dan ttabel 2,045 (thitung > ttabel). Hasil tersebut menunjukkan terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan. Penelitian ini diharapkan mampu membantu dunia pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi multimedia. Hasil multimedia yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran sistem power mirror dan juga membantu mahasiswa untuk belajar mandiri. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan kreatif diharapkan penelitian pengembangan multimedia pembelajaran dapat berlangsung secara berkelanjutan sebagai upaya untuk membantu dosen dan mahasiswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia, power mirror, efektif, pengembangan
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 08 May 2018 17:10
Last Modified: 08 May 2018 17:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30959

Actions (login required)

View Item View Item