PENERAPAN PERAGA SISTEM KOPLING MODEL CUTTING ENGINE DENGANPEMBELAJARAN INKUIRI (INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN SISTEM KOPLING SEPEDA MOTOR


Yopik Pandoyo , 5202412041 (2017) PENERAPAN PERAGA SISTEM KOPLING MODEL CUTTING ENGINE DENGANPEMBELAJARAN INKUIRI (INQUIRY) UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN SISTEM KOPLING SEPEDA MOTOR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412041.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (857kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan peraga model engine cutting sistem kopling sepeda motor dan penggunaannya untuk menunjang penguasaan materi ajar sistem kopling dengan model pembelajaran inkuiri. Penelitian ini menggunakan quasi experimental design dengan model non equivalent control group design. Desain ini terdapat dua kelompok yang sudah dipilih, kemudian diberikan pretest dan posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TSM SMK Palapa Semarang, sampel yang digunakan adalah kelas XI TSM 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI TSM 2 sebagai kelas kontrol. Pengumpulan data menggunakan instrumen test dan angket validasi kelayakan peraga. Hasil penilaian validasi peraga dari ahli media sebesar 85,55% dan dinyatakan sangat layak, penilaian dari ahli materi sebesar 80% dinyatakan layak. Hasil nilai rata-rata pretest pada kelas kontrol yaitu sebesar 39,33 dan posttest 66,00 dan memiliki nilai gain sebesar 0,440. Kelas eksperimen hasil nilai rata-rata pretest 39,44 dan posttest 74,11 dan memiliki nilai gain sebesar 0,572. Berdasarkan uji t diperoleh bahwa ada perbedaan antara menggunakan peraga dengan tidak menggunakan peraga dan diperoleh hasil thitung sebesar 3,39 dan ttabel 2,0. Penelitian ini menyimpulkan bahwa ada peningkatan penguasaan pembelajaran pada kelas eksperimen. Kelas eksperimen mempunyai nilai rata-rata posttest yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Hasil uji t posttest juga menyimpulkan bahwa ada perbedaan hasil belajar yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. dan nilai gain kelas eksperimen lebih mendekati ke kategori sedang (������0,572 ������� � ��� �� ��� � ����������� ������57,2 ����). Guru hendaknya dapat menerapkan pembelajaran menggunakan alat peraga dan memilih model pembelajaran yang tepat agar siswa lebih aktif dan tidak merasa bosan dalam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: penerapan, peraga, cutting engine, sistem kopling, pembelajaran inkuiri.
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 07 May 2018 17:58
Last Modified: 07 May 2018 17:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30954

Actions (login required)

View Item View Item