PENGEMBANGAN PERAGA SISTEM CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION PADA MATA KULIAH SEPEDA MOTOR DAN MOTOR KECIL TERHADAP HASIL BELAJAR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Akhmad Reza Khasan , 5202412028 (2017) PENGEMBANGAN PERAGA SISTEM CONTINUOUSLY VARIABLE TRANSMISSION PADA MATA KULIAH SEPEDA MOTOR DAN MOTOR KECIL TERHADAP HASIL BELAJAR UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412028.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (784kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian dan pengembangan ini adalah untuk mengetahui kelayakan media pembelajaran alat peraga yang dikembangkan bisa diterapkan sebagai media pembelajaran, dan untuk mengetahui keefektifan media pembelajaran peraga sistem CVT pada mata kuliah sepeda motor dan motor kecil di Jurusan Teknik Mesin Program Studi Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Negeri Semarang. Metode penelitian menggunakan metode Research and Development / R&D dengan model pengembangan ADDIE model yang terdiri dari tahap analyze, design, develop, implement, and evaluate. Analisis evaluasi hasil belajar dilakukan secara eksperimen. Eksperimen dilakukan dengan cara membandingkan dengan keadaan sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan media baru (One Group Pretest-Posttest Design). Hasil penelitian media peraga sistem CVT yang dikembangkan sangat layak dengan hasil analisis penilaian dari validator ahli media dengan jumlah skor 120 dari total skor 140 berada pada kriteria sangat layak dan penilaian ahli materi dengan jumlah skor 170 dari total skor 200 berada pada kriteria sangat layak. Media peraga sistem CVT juga efektif untuk diterapkan sebagai media peraga dalam pembelajaran dengan hasil belajar mahasiswa (post-test) lebih tinggi dari pada hasil belajar mahasiswa (pre-test) yaitu dengan rata-rata hasil belajar (posttest) sebesar 74,13 dan mahasiswa (pre-test) sebesar 56,27. Hal ini terbukti dari hasil uji t-berpasangan bahwa nilai thitung = 7,639 > dari ttabel = 2,045 maka bisa dikatakan Ho ditolak, dan dapat disimpulkan bahwa ada peningkatan hasil belajar yang signifikan. Saran kepada peneliti yang ingin melanjutkan pengembangan alat peraga sistem CVT diharapkan memperhatikan keterbatasan penelitian, sehingga dapat lebih menyempurnakan alat peraga yang telah dikembangkan terutama pada bagian komponen-komponennya yang tidak terlihat menjadi bisa dilihat dan peraga juga bisa diberi fitur troubleshooting.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: alat peraga, sistem CVT
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 May 2018 12:01
Last Modified: 03 May 2018 12:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30944

Actions (login required)

View Item View Item