PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ANTILOCK BRAKE SYSTEM (ABS) PADA MATA KULIAH CHASSIS DAN PEMINDAH DAYA


Ahmad Fadlun , 5202412009 (2017) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA ANTILOCK BRAKE SYSTEM (ABS) PADA MATA KULIAH CHASSIS DAN PEMINDAH DAYA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5202412009.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (915kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran dalam perkuliahan sangat dipengaruhi salah satunya oleh media yang digunakan dalam pembelajaran. Pemilihan media yang tepat akan membantu mempermudah dosen dalam menyampaikan materi perkuliahan guna mencapai tujuan pembelajaran. Multimedia yang dikembangkan dalam penelitian ini bertujuan untuk menguji kelayakan dan keefektifan multimedia ABS serta untuk mengetahui tanggapan mahasiswa terhadap multimedia sistem rem ABS yang telah dikembangkan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang terdiri 5 tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluations. Dalam uji coba dilakukan, penelitian ini menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek uji coba dalam penelitian berjumlah 30 mahasiswa Prodi Pendidikan Teknik Otomotif, Jurusan Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini ada dua yaitu instrumen tes dan instrumen kuesioner (angket). Dari penelitian yang telah dilaksanakan, dihasilkan multimedia yang sudah divalidasi dan diujicobakan, hasil validasi yang dilakukan memperoleh nilai persentase rata-rata sebesar 95,54% dari ahli media dan 93,30% dari ahli materi. Kedua penilaian ahli tersebut memperoleh kriteria layak. Hasil dari uji coba kepada mahasiswa dalam pembelajaran terbukti efektif dan mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa dengan selisih rata-rata pretest-posttest sebesar 22,34, selanjutnya berdasarkan hasil perhitungan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 15,42 dan ttabel 2,05 pada db= 29 dan 5 % (thitung > ttabel) yang berarti terdapat peningkatan hasil belajar secara signifikan. Peningkatan ini termasuk dalam kategori peningkatan sedang dalam uji gain yang dilakukan dengan memperoleh rata-rata nilai (g) sebesar 0,54. Selain itu berdasarkan respon dari pengguna (mahasiswa) multimedia ABS ini memperoleh nilai persentase sebesar 76,1% dengan kriteria baik. Penelitian ini diharapkan mampu membantu dunia pendidikan dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi multimedia. Hasil multimedia yang telah dikembangkan dapat dimanfaatkan untuk membantu proses pembelajaran ABS dan juga membantu mahasiswa untuk belajar mandiri. Seiring dengan perkembangan teknologi yang semakin maju dan kreatif diharapkan penelitian pengembangan multimedia pembelajaran dapat berlangsung secara berkelanjutan sebagai upaya untuk membantu dosen dan mahasiswa dalam pencapaian tujuan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: multimedia, rem, ABS, efektif, pengembangan
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 03 May 2018 11:40
Last Modified: 03 May 2018 11:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30938

Actions (login required)

View Item View Item