PENERAPAN PERAGA MEKANISME KATUP MODEL CUTTING ENGINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR
Wahid Amin Sudibyo , 5202412005 (2017) PENERAPAN PERAGA MEKANISME KATUP MODEL CUTTING ENGINE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (615kB) | Preview |
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan peraga mekanisme katup model cutting engine yang akan digunakan dalam pembelajaran dan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar setelah menggunakan peraga mekanisme katup dalam pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan true experimental design dengan model pretest-posttest control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI SMKN 3 Salatiga jurusan TSM berjumlah tiga kelas. Dua kelas diambil sebagai sampel, dipilih secara acak untuk menjadi kelas kontrol dan eksperimen yang kemudian diberikan pretest, perlakuan dalam pembelajaran lalu posttest. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, angket, dan tes. Hasil uji kelayakan ahli media diperoleh hasil sebesar 91,6% dan validasi ahli materi sebesar 90,6%, atau dapat disimpulkan bahwa peraga mekanisme katup model cutting engine “sangat layak” digunakan dalam proses pembelajaran. Data dari hasil pretest dan posttest kemudian dianalisis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan hasil belajar pada kelompok kontrol dan eksperimen. Hasil uji–t pretest menunjukkan tidak ada perbedaan hasil belajar pada kelas kontrol dan eksperimen karena t hitung < t tabel (0,819<2,00). Hasil uji–t posttest menunjukkan ada perbedaan hasil belajar yang signifikan pada kelas kontrol dan eksperimen karena t hitung > t tabel (6,044>2,00). Setelah ditemukan perbedaan hasil belajar pada kelas kontrol dan eksperimen dilakukan uji gain untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil analisis uji gain menunjukkan peningkatan hasil belajar kelas kontrol sebesar 0,47 (sedang) dan untuk kelas eksperimen sebesar 0,622 (sedang). Kriteria skor gain <0,30 (rendah), <0,70 (sedang), <1.00 (tinggi). meskipun peningkatan hasil belajar kelas kontrol dan eksperimen sama-sama pada kategori (sedang) namun nilai gain kelas eksperimen lebih baik karena mendekati ke kategori (tinggi). Hasil tersebut bisa menjadi acuan bagi guru untuk dapat menerapkan peraga dalam pembelajaran, karena sudah terbukti penerapan peraga dalam pembelajaran lebih efektif meningkatkan hasil belajar dibandingkan dengan metode ceramah.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Cutting engine, mekanisme katup, hasil belajar |
Subjects: | L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery |
Fakultas: | Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Otomotif, S1 |
Depositing User: | Indah Tri Pujiati |
Date Deposited: | 30 Apr 2018 12:51 |
Last Modified: | 30 Apr 2018 12:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30924 |
Actions (login required)
View Item |