PUSAT PAMERAN DAN PENGEMBANGAN UKIR JEPARA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur


: Budianto , 5112412019 (2017) PUSAT PAMERAN DAN PENGEMBANGAN UKIR JEPARA DENGAN PENDEKATAN ARSITEKTUR NEO VERNAKULAR Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5112412019.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (17MB) | Preview

Abstract

Pusat Pameran dan Pengembangan Ukir Jepara merupakan sebuah pusat pameran dan pendidikan ukir yang terletak di Jepara dan diperuntukkan bagi para seniman, pengrajin, pengusaha maupun pihak-pihak yang tertarik akan kerajinan ukir Jepara. Kerajinan Ukir Jepara memang dilirik berbagai kalangan masyarakat baik dalam negeri maupun luar negeri. Tetapi kerajinan ukir yang telah menopang roda perekonomian Jepara ini sudah mulai miskin penerus, artinya banyak generasi muda yang enggan menerusakan keahlian dan bisnis ukir ini. Dari hal inilah maka perlu adanya sebuah tempat pendidikan bagi para generasi penerus untuk tetap melestarikan kebudayaan mengukir dan terus memajukan industri ukir. Jepara merupakan kota yang sangat terkenal akan kerajinan ukir dan furniturenya maka dari hal itulah Pusat Pameran dan Pengembangan Ukir ini sangat dibutuhkan untuk terus memajukan industri ukir Jepara. Dengan adanya Pusat Ukir ini diharapkan produk ukiran Jepara dapat berkembang ke arah yang lebih baik dan dapat menandingi produk-produk kerajinan atau furniture dari negara lain. Konsep yang terdapat dalam Pusat Pameran dan Pengembangan Ukir Jepara ini yaitu sebagai wadah maupun pusat dari seluruh kegiatan ukir di Jepara dengan penekanan pada arsitektur neo vernakular yang mengangkat kebudayaan atau lokal wisdom masyarakat setempat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pameran, Pengembangan Ukir, Pusat Ukir Jepara, Neo Vernakular
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 16:12
Last Modified: 26 Jun 2019 16:12
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30916

Actions (login required)

View Item View Item