PEMBELAJARAN BIOLA DENGAN METODE SUZUKI PADA ANAK USIA DINI DI ALL MOZART MUSIC SCHOOL DI KABUPATEN KUDUS
Bagas Eka , 2501412163 (2017) PEMBELAJARAN BIOLA DENGAN METODE SUZUKI PADA ANAK USIA DINI DI ALL MOZART MUSIC SCHOOL DI KABUPATEN KUDUS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF
- Published Version
Download (407kB) | Preview |
Abstract
Belajar musik dapat dilakukan oleh siapa saja dan usia berapa saja termasuk anak usia dini. Menurut Mansyur (2005: 88) anak usia dini adalah kelompok anak yang berada dalam proses pertumbuhan yang bersifat unik. Pola pertumbuhan sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya.All Mozart Music School adalah lembaga pendidikan non formal yang bergerak dibidang musik yang didirikan pada tahun 2011. Lembaga musik All Mozart Music School adalah tempat belajar musik bagi anak usia dini untuk mengembangkan talenta bermusik. Dalam penelitian ini masalah yang dikaji adalah “Bagaimanakah proses pembelajaran biola dengan metode Suzuki di All Mozart Music School? Pembelajaran biola dilakukan secara privatdengan durasi 45 menit. Pembelajaran biola di All Mozart Music School menggunakan buku Suzuki sebagai bahan utama pembelajaran.Tahap materi yang diajarkan menurut isi yang ada dalam buku tersebut adalah (1) Guru memberikan pengarahan kepada murid tentang posisi berdiri. (2) Guru memberi pengarahan tentang cara memegang Bow yang disertai gambar tentang cara memegang bow yang baik dan benar. (3) Guru mulai memberikan pengarahan pada murid tentang tata cara mulai memegang senar biola.Tahap tersebut diikuti dengan mengenalkan materi lagu Lighty Row, yang merupakan contoh materi yang ada pada buku Suzuki. Pada lagu Lighty Row terdapat beberapa variasi ritmis sebagai awal pengenalan ritmis untuk memudahkan anak belajar biola. Kegiatan awal pembelajaran biola dengan Metode Suzuki dibagi menjadi 2 antara murid baru dan murid lama.Pada murid baru adalah mendengarkan pertanyaan guru seputar belajar biola, sedangkan untuk murid lama adalah menanyakan tugas pada pertemuan sebelumnya.Kegiatan inti pada murid baru adalah mendengarkan penjelasan guru dan memperoleh pengenalan biola dengan metode ceramah.Kegiatan inti pada murid lama adalah mendengarkan lagu dan menyimak demonstrasi.Murid menyimak dan menirukan contoh dari guru. Kegiatan akhir Metode Suzuki pada pembelajaran Biola di All Mozart Music School pada murid baru adalah mendengarkan pengulasan materi guru, sedangkan guru member motivasi dan mengucap salam. Murid lama mengalami refleksi dari pembelajaran biola yang telah dilakukan berupa kesalahan dan pembenaran proses pembelajaran. Guru melakukan laporan pembelajaran berupa catatan yang disampaikan kepada orang tua tentang perkembangan belajar anak. Saran: (1)Bagi pengajar, pengajar biola di All Mozart Music School perlu memperbaiki cara penyampaian materi supaya lebih jelas dan dimengerti oleh muridnya.(2) Bagi All Mozart Music School, metode pembelajaran biola lebih difokuskan kepada masing-masing murid dengan bakat yang berbeda dapat lebih mudah untuk mengikuti materi-materi yang disampaikan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | BIOLA, METODE SUZUKI, ANAK USIA DINI, ALL MOZART MUSIC SCHOO, KUDUS |
Subjects: | M Music and Books on Music > M Music M Music and Books on Music > MT Musical instruction and study |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Seni Drama, Tari, dan Musik, S1 (Pendidikan Seni Musik) |
Depositing User: | Eko Handoyo Eko |
Date Deposited: | 27 Apr 2018 13:07 |
Last Modified: | 27 Apr 2018 13:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30912 |
Actions (login required)
View Item |