PENGARUH JENIS MATERIAL PAHAT POTONG DAN ARAH PEMAKANAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAJA EMS 45 PADA PROSES CNC MILLING


Ana Wilda Widiantoro , 5201413092 (2017) PENGARUH JENIS MATERIAL PAHAT POTONG DAN ARAH PEMAKANAN TERHADAP KEKASARAN PERMUKAAN BAJA EMS 45 PADA PROSES CNC MILLING. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201413092.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (820kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menguji pengaruh jenis material pahat potong terhadap kekasaran permukaan baja EMS 45 pada proses CNC Milling, (2) Menguji pengaruh arah pemakanan terhadap kekasaran permukaan baja EMS 45 pada proses CNC Milling, (3) Menguji pengaruh jenis material pahat potong dan arah pemakanan terhadap kekasaran permukaan baja EMS 45 pada proses CNC Milling. Desain eksperimen yang digunakan adalah desain faktorial AxB dimana A adalah variasi jenis material alat potong yaitu endmill HSS, dan endmill Karbida. Sedangkan faktor B adalah variasi arah pemakanan yaitu, searah 90o, searah 45o, dan berputar sumbu Z. Penelitian ini terdapat 6 perlakuan dimana setiap perlakuan dilakukan replikasi sebanyak 3 kali sehingga terdapat 18 data. Analisis data menggunakan analisis varian dua jalan dengan interaksi, setelah sebelumnya dilakukan uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas data (Uji Shapiro-Wilk) dan uji homogenitas (Uji Lavene Statistic) dalam program aplikasi statistik SPSS 16. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa : (1) Terdapat pengaruh antara jenis material alat potong terhadap kekasaran permukaan baja EMS 45 pada proses CNC Milling, karena hasil uji analisis data yaitu nilai Sig. 0.00 ≤ 0.05. (2) Terdapat pengaruh antara variasi arah pemakanan terhadap kekasaran permukaan baja EMS 45 pada proses CNC Milling, karena hasil uji analisis data yaitu nilai Sig. 0.00 ≤ 0.05. (3) Tidak ada pengaruh antara jenis material alat potong dan variasi arah pemakanan terhadap kekasaran permukaan baja EMS 45 pada proses CNC Milling, karena hasil uji analisis data yaitu nilai Sig. 0.419 ≥ 0.05. Hasil dari uji lanjut Post Hoc Test yaitu : a) Ada pengaruh signifikan antara arah pemakanan searah 90o dengan arah berputar sumbu Z. b) Ada pengaruh signifikan antara arah pemakanan searah 45o dengan searah 90o dan berputar sumbu Z. c) Ada pengaruh signifikan antara arah pemakanan berputar sumbu Z dengan searah 90o dan searah 45o Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh, dapat disampaikan saran sebagai berikut, (1) Dapat digunakan sebagai pertimbangan perusahaan agar lebih mempertimbangkan bahan material alat potong dan arah pemakanan terhadap kekasaran permukaan pada proses milling. (2) Untuk penelitian selanjutnya yang sejenis sangat baik jika dianalisa faktor lain yang mempengaruhi tingkat kekasaran permukaan baja EMS 45 pada proses CNC milling. (3) Untuk menghasilkan harga kekasaran yang rendah dapat dilakukan dengan memlilih material alat potong yang memiliki kekerasan tinggi seperti jenis karbida dengan arah pemakanan searah 45o.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengaruh kekasaran permukaan, material pahat potong, arah pemakanan
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 27 Apr 2018 12:18
Last Modified: 27 Apr 2018 12:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30909

Actions (login required)

View Item View Item