KHAT CENTER DI KUDUS DENGAN PENEKANAN DESAIN ARSITEKTUR KONTEMPORER Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur


Taufik Hidayatulloh , 5112411018 (2017) KHAT CENTER DI KUDUS DENGAN PENEKANAN DESAIN ARSITEKTUR KONTEMPORER Landasan Program Perencanaan dan Perancangan Arsitektur. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5112411018.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Sejarah mencatat bahwa islam masuk ke Nusantara melalui berbagai cara diantaranya adalah melalui perdagangan dari pedagang Arab dan Persia. Pada mulanya daerah-daerah yang mendapat pengaruh islam adalah daerah pantai Sumatra atau wilayah Samudra Pasai.dari sana kemudian Islam berkembang hingga ke Malaka dan Pulau Jawa. Agama Islam berkembang pesat di Nusantara karena agama ini di sebarkan secara damai dan tidak mengenal kasta. Seiring dengan masuknya Islam di Nusantara juga disertai masuknya kebudayaan Islam yang ikut mewarnai kebudayaan nusantara.salah satunya adalah seni kaligrafi yang ikut berperan dalam penyebaran agama Islam. Menurut Prof. Dr. Hasan Muarif Ambary seorang arkeolog kaligrafi islam, kaligrafi merupakan seni budaya islam yang pertama kali ditemukan, salah satu yang menandainya adalah batu nisan siti fatimah binti maimun di gresik yang wafat pada tahun 1082 masehi. Dalam perkembangannya, kaligrafi tidak hanya dikembangkan sebatas tulisan indah yang berkaidah, tetapi juga mulai dikembangkan dalam konteks kesenirupaan atau visual art. Kehadiran kaligrafi yang bernuansa lukis mulai muncul pertama kali sekitar tahun 1979 dalam ruang lingkup nasional pada pameran Lukisan Kaligrafi Nasional pertama bersamaan dengan diselenggarakannya MTQ Nasional XI. Melihat keberadaan kaligrafi islam yang begitu penting baik sebagai media penyebaran agama Islam maupun sebagai suatu seni kebudayaan maka perlu adanya suatu wadah untuk menampung kegiatan-kegiatan yang berkaitan dengan kaligrafi Islam. Samoai saat ini belum ada tempat khusus menampung kegiatan tersebut sehingga perlu adanya Khat Center sebagai pusat kaligrafi Islam. Kabupaten Kudus memiliki sejarah yang kuat dalam perkembangan Kaligrafi Islam, oleh karena itu lokasi Khat Center berada di Kabupaten Kudus. Khat Center dirancang dengan konsep arsitektur kontemporer yang di desain menjadi bangunan yang variatif, fleksibel, dan inovatif untuk mencitrakan bangunan pusat kaligrafi Islam.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Islam, Kaligrafi, Kudus, Kontemporer
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 16:09
Last Modified: 26 Jun 2019 16:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30883

Actions (login required)

View Item View Item