PUSAT PENELITIAN TEKNOLOGI KONVERSI DAN KONSERVASI ENERGI LISTRIK RAMAH LINGKUNGAN DI BANTUL YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE DESIGN LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR ( LP3A )


Qurriyatur Rohmah , 5112411016 (2017) PUSAT PENELITIAN TEKNOLOGI KONVERSI DAN KONSERVASI ENERGI LISTRIK RAMAH LINGKUNGAN DI BANTUL YOGYAKARTA DENGAN PENDEKATAN SUSTAINABLE DESIGN LANDASAN PROGRAM PERENCANAAN DAN PERANCANGAN ARSITEKTUR ( LP3A ). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5112411016.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (7MB) | Preview

Abstract

Pantai Baru yang terletak di Kabupaten Bantul memiliki sumber daya energi terbarukan yang besar seperti : energi surya, energi angin, dan energi laut yang dapat dijadikan sebagai sumber energi listrik yang ramah lingkungan. Potensi tersebut dikembangkan untuk mendukung program pendidikan oleh pemerintah. Untuk itu diperlukan prasarana dan sarana berupa Pusat Penelitian Teknologi Konversi dan Konservasi Energi Listrik. Permasalahannya bagaimana merencanakan dan merancang Pusat Penelitian Teknologi Konversi dan Konservasi Energi Listrik di Pantai Baru Srandakan dengan pendekatan sustainable design (desain berkelanjutan). Tujuannya sebagai fasilitas pendidikan dan penelitian mengenai teknologi konversi dan konservasi energi listrik. Pembahasannya menggunakan kaidah ilmu arsitektural dan keilmuan lainnya sebagai pendukung. Lokasi terpilih untuk bangunan Pusat Penelitian Teknologi berada di Dukuh Ngentak, Kecamatan Srandakan, Kabupaten Bantul. Luas site terpilih adalah 40.349 m2. Rencana fasilitas yang ada di Pusat Penelitian Teknologi adalah sebagai berikut : kelompok ruang penelitian seluas 2.469,6 m2, kelompok ruang pengunjung seluas 1.634,5 m2, kelompok ruang pengelola seluas 921,6 m2, kelompok ruang servis seluas 1.122 m2, kelompok ruang luar seluas 72 m2 m2, dan ruang parkir seluas 3.152 m2. Prinsip sustainable design yang digunakan adalah dengan memanfaatkan area terbuka sebagai taman penelitian, sistem pengelolaan energi, sampah,dan sanitasi secara mandiri, dan penggunaan batu alam kombinasi kayu pada penyelesaian desain. Bentuk bangunannya menggunakan atap limasan, tritisan. Pondasi menggunakan batu kali yang diperkuat dengan footplat, dinding menggunakan bata ringan, rangka atap menggunakan baja konvensional, dan penutup atap menggunakan genteng keramik dan beton bertulang. Sistem penghawaan dan penerangan kombinasi antara alami dan buatan. Energi listrik bersumber dari energi hybrid (tenaga surya dan angin) dan genset. Air diambil dari sumber bawah tanah. Bangunan Pusat Penelitian Teknologi ini dilengkapi sistem keamanan, kebakaran, penangkal petir, CCTV, dan tata suara.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pusat Penelitian, Konversi dan Konservasi Energi, Sustainable design
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:34
Last Modified: 26 Jun 2019 14:34
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30882

Actions (login required)

View Item View Item