PENGARUH VARIASI PENGELASAN ULANG GAS METAL ARC WELDING (GMAW) TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN KEKERASAN MATERIAL BAJA ST-37


Akhmad Sofil Fuad , 5201413029 (2017) PENGARUH VARIASI PENGELASAN ULANG GAS METAL ARC WELDING (GMAW) TERHADAP STRUKTUR MIKRO DAN KEKERASAN MATERIAL BAJA ST-37. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5201413029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Teknologi pengelasan mempunyai dampak yang merugikan terhadap suatu material yang telah mengalami beberapa kali proses pengelasan ulang. Pengelasan ulang atau repair welding sering terjadi pada material yang mengalami pekerjaan replating tujuan dari pengelasan ulang adalah memperbaiki sambungan yang mengalami kerusakan agar kembali seperti bentuk semula. Selama pengelasan ulang berlangsung, logam las dan daerah pengaruh panas atau Heat Affected Zone (HAZ) akan mengalami serangkaian siklus termal, Siklus thermal tersebut mempengaruhi struktur mikro logam las dan terbentuknya HAZ, proses pengelasan berulang yang mempengaruhi struktur mikro maka berakibat terjadinya nilai kekerasan bahan akan berubah secara proporsional pada daerah logam las dan HAZ. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh variasi pengelasan ulang pada Pengelasan GMAW terhadap struktur mikro dan kekekerasan Material Baja ST-37. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eksperimen untuk mengetahui sebab akibat berdasarkan perlakuan yang diberikan oleh peneliti yaitu berupa perlakuan variasi pengelasan ulang. Pengelasan ulang dilakukan dengan metode GMAW pada Baja ST-37 dengan bahan pengisi (filler) ER70S-4 dengan kampuh V 70º. Variasi pengelasan ulang yang digunakan dalam penelitian ini adalah 1 Kali, 2 Kali, 3 Kali, 4 Kali dan 5 Kali, kemudian di uji dengan menggunakan foto mikro dan Hardness vickers test. Analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah analisis deskriptif, dimana data yang diperoleh di rata-rata dan disajikan dalam bentuk grafik kemudian dideskripsikan dan disimpulkan. Hasil penelitian struktur mikro pada pengelasan ulang GMAW Perubahan struktur mikro sangat terlihat pada daerah HAZ dan logam lasan, semakin besar input panas yang terjadi semakin membuat butir dari perlit menjadi semakin menyebar, penyebaran dengan struktur yang baik hanya terjadi pada variasi pengelasan ulang 1 kali, hal ini berbeda dengan logam induk yang sama sekali tidak terjadi perubahan struktur bahkan terlihat sama dengan raw material. Berdasarkan uji kekerasan diperoleh nilai kekerasan terendah pada pengelasan ulang 1 kali di daerah WM sebesar 181 gf/μm2, HAZ sebesar 200,6 gf/μm2, BM sebesar 184,3 gf/μm2 dan nilai kekerasan tertinggi pada pengelasan ulang 5 kali di daerah WM sebesar 234 gf/μm2, HAZ sebesar 267 gf/μm2, BM sebesar 186,6 gf/μm2. Jadi dapat disimpulkan semakin banyak pengelasan ulang yang digunakan maka nilai kekerasan material yang dihasilkan semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pengelasan Ulang GMAW, Striktur Mikro, Kekerasan Material
Subjects: L Education > Special Education > Mechanical engineering and machinery education
T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Fakultas: Fakultas Teknik > Pendidikan Teknik Mesin, S1
Depositing User: Indah Tri Pujiati
Date Deposited: 23 Apr 2018 18:33
Last Modified: 23 Apr 2018 18:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30851

Actions (login required)

View Item View Item