EVALUASI JUMLAH LULUSAN SMP N YANG DITERIMA DI SMA N DAN SMK N BERDASARKAN KAPASITAS DAYA TAMPUNG TAHUN 2017 DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS


Dhanik Apriully Saputri , 5101413007 (2017) EVALUASI JUMLAH LULUSAN SMP N YANG DITERIMA DI SMA N DAN SMK N BERDASARKAN KAPASITAS DAYA TAMPUNG TAHUN 2017 DI KOTA SEMARANG MENGGUNAKAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101413007.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Layanan pendidikan bagi masyarakat harus diwujudkan untuk memajukan kualitas pendidikan. Kemampuan daya tampung sekolah harus diperhatikan, sehingga tujuan dan fungsi pendidikan nasional dapat segera direalisasikan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui banyaknya jumlah lulusan SMP N yang dapat diterima di SMA N dan SMK N berdasarkan daya tampung tahun 2017 di Kota Semarang. (2) Untuk mengetahui SIG dapat membantu penyampaian informasi tentang kemampuan daya tampung Sekolah Menengah Atas dan Kejuruan (SMA dan SMK) Negeri yang berhasil ditempati lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri tahun 2017 di Kota Semarang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif persentase. Metode penelitian ini dilakukan dengan menggambarkan hasil penelitian berdasarkan kondisi nyata mengenai angka dalam persen kemampuan daya tampung SMA dan SMK Negeri dengan jumlah lulusan pendidikan SMP Negeri tahun 2017 yang berhasil lolos seleksi pada penerimaan peserta didik baru tahun 2017. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik Network analyst dan teknik pengujian Black box. Teknik Network analyst adalah salah satu jenis teknik analisis jaringan dalam menentukan dan menampilkan informasi. Teknik Black box adalah teknik yang digunakan untuk menemukan kesalahan dan mendemonstrasikan fungsional aplikasi saat akan dioperasikan. Hasil penelitian tentang kemampuan daya tampung SMA dan SMK Negeri berdasarkan jumlah lulusan SMP Negeri tahun 2017 di Kota Semarang yaitu: (1) Kemampuan daya tampung rata-rata untuk SMA Negeri di Kota Semarang adalah 58,20%. SMA Negeri dengan daya tampung tertinggi terdapat pada SMA Negeri 3 Semarang sebesar 76,16% dan daya tampung terendah terdapat pada SMA Negeri 16 Semarang sebesar 24,65%. Sedangkan kemampuan daya tampung rata-rata untuk SMK Negeri di Kota Semarang adalah 56,57%. Dengan daya tampung tertinggi terdapat pada SMK Negeri 2 Semarang sebesar 73,61% dan daya tampung terendah SMK Negeri 10 Semarang sebesar 36,67%. (2) SIG dapat membantu mempermudah untuk mengetahui informasi karena SIG membuat informasi lebih mudah untuk dipahami karena tampilan yang menarik dan komunikatif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jumlah lulusan, Daya tampung, SIG
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:29
Last Modified: 26 Jun 2019 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30822

Actions (login required)

View Item View Item