PEMBUATAN PANDUAN PENGUKURAN GPS GEODETIK DENGAN METODE REAL-TIME KINEMATIC (RTK) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG


Akhsan Fitrianto , 5101412060 (2017) PEMBUATAN PANDUAN PENGUKURAN GPS GEODETIK DENGAN METODE REAL-TIME KINEMATIC (RTK) PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412060.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (498kB) | Preview

Abstract

Mata kuliah Ilmu Ukur Tanah Lanjut merupakan mata kuliah yang membahas mengenai pengukuran dengan alat GPS Geodetik. Salah satu metode pengukuran yang digunakan adalah Real-Time Kinematic (RTK). Sumber belajar yang tersedia saat ini belum membahas mengenai materi pengukuran Real-Time Kinematic (RTK). Pembuaan buku panduan merupakan salah satu alternatif untuk memudahkan mahasiswa dalam melakukan pengukuran dengan GPS Geodetik. Rancangan pembuatan buku panduan diawali dengan menganalisis kebutuhan mahasiswa, karakteristik materi, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai. Penelitian ini menggunakan pendekatan research and development (R&D) yang kemudian disesuaikan dengan kebutuhan peneliti. Sehingga tahapan penelitian tersusun atas lima tahapan, yaitu yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, (5) revisi desain. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian yaitu metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data kebutuhan mahasiswa dan pengujian kelayakan oleh ahli materi. Berdasarkan hasil analisis dari angket kebutuhan mahasiswa yang dilakukan mendapatkan persentase sebesar 70% dalam kategori membutuhkan buku panduan untuk memudahkan dalam belajar materi pengukuran GPS Geodetik dengan metode Real-Time Kinematic (RTK). Dari hasil angket kebutuhan mahasiswa, buku panduan yang diinginkan adalah buku panduan yang berisi pemaparan materi, kebutuhan alat, tahapan pengukuran dilapangan, pengambilan data hasil pengukuran sampai penggambaran. Penilaian yang didapatkan dari ahli materi sebesar 85,42% dalam kategori layak digunakan. Untuk menyempurnakan kualitas buku panduan diperlukan adanya penelitian yang berkelanjutan seperti implementasi buku panduan dalam kegiatan pembelajaran dan perbaikan yang lainnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembuatan buku panduan, GPS Geodetik, Real-Time Kinemtic (RTK)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:29
Last Modified: 26 Jun 2019 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30810

Actions (login required)

View Item View Item