PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TGB DI SMK NEGERI 1 REMBANG


Dewi Sukma Putri , 5101412058 (2017) PENERAPAN MODEL PENGAJARAN LANGSUNG (DIRECT INSTRUCTION) TERHADAP HASIL BELAJAR KONSTRUKSI BANGUNAN PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN TGB DI SMK NEGERI 1 REMBANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412058.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (319kB) | Preview

Abstract

Penelitian penerapan model pengajaran langsung (Direct Instruction) bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar pada ranah kognitif, afektif dan psikomotrik siswa kelas X Teknik Gambar Bangunan SMKN 1 Rembang pada mata pelajaran Konstruksi Bangunan sub materi mengkategorikan macam-macam pekerjaan konstruksi batu dan beton . Penelitian ini menggunakan metode penelitian eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan adalah quasi ekperiment , dan rancangan penelitian yang digunakan adalah The Pretest-Postttest Group Design yang melewati beberapa fase diantaranya (1) penyampaian tujuan (2) mendemonstrasikan pengetahuan atau ketrampilan (3) membimbing pelatihan (4) memberi umpan balik dan (5) memberikan kesempatan untuk pelatihan lanjutan Subyek Penelitian adalah siswa kelas X TGB SMKN 1 Rembang tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 68 siswa dengan membagi dua kelompok sebagai kelompok eksperimen 34 siswa dan kelompok kontrol 34 siswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi, tes, dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji-T . Berdasarkan hasil perhitungan uji kesamaan dua rata-rata menunjukan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen lebih baik daripada kelas kontrol. Penggunaan model pengajaran langsung dapat meningkatkan hasil belajar siswa . Ditinjau dari rata-rata pada ranah kognitif meningkat diperoleh kelas eksperimen 88,84 berbanding kelas kontrol 77,06, sedangkan rata-rata ranah psikomotorik kelas eksperimen 78,09 berbanding dengan kelas kontrol 73,03 dan rata-rata ranah afektif kelas eksperimen 70,40 berbanding dengan kelas kontrol 67,46.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Model Pengajaran Langsung (Direct Instruction)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:29
Last Modified: 26 Jun 2019 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30808

Actions (login required)

View Item View Item