PERANAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PAKET KEAHLIAN TKBB DI SMK 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2016/2017


Beny Setiawan , 5101412053 (2017) PERANAN PELAKSANAAN PRAKTIK KERJA INDUSTRI DAN INFORMASI DUNIA KERJA TERHADAP KESIAPAN KERJA SISWA KELAS XII PAKET KEAHLIAN TKBB DI SMK 2 SALATIGA TAHUN AJARAN 2016/2017. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412053.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (255kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) meliputi teori maupun praktik dirasa masih kurang dalam menunjang kesiapan kerja siswa tanpa pengalaman kerja yang nyata dan usaha dari siswa untuk mencari informasi dunia kerja. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menemukan peranan pelaksanaan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja; (2) menemukan peranan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja; dan (3) menemukan peranan pelaksanaan praktik kerja industri dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja. Penelitian ini merupakan jenis penelitian ex post facto. Populasi Penelitian ini adalah siswa kelas XII Paket Keahlian TKBB di SMK 2 Salatiga yang berjumalah 37 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, angket, dan wawancara terstruktur. Uji coba instrumen dilakukan di SMK 3 Semarang yang berjumlah 65 siswa. Uji validitas instrumen dilakukan dengan product moment. Reliabilitas instrumen dianalisis dengan Alpha Cronbach. Data yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif, korelasi parsial dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) peranan pelaksanaan praktik kerja industri terhadap kesiapan kerja mempunyai nilai r parsial = 0,182 dengan p = 0,144, hasil tersebut berarti nilai korelasi parsial menunjukan tidak ada hubungan yang postif; (2) peranan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja mempunyai r parsial = 0,396 dengan p = 0,008, hasil tersebut berarti nilai korelasi parsial menunjukan adanya hubungan yang postif; dan (3) peranan pelaksanaan praktik kerja industri dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja mempunyai koefisien korelasi secara bersama-sama (R) sebesar 0,472 atau 47,2% dengan nilai p = 0,014 < 0,05, hasil tersebut menunjukan hubungan positif peranan pelaksanaan praktik kerja industri dan informasi dunia kerja terhadap kesiapan kerja siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Praktik Kerja Industri, Informasi Dunia Kerja, Kesiapan Kerja, TKBB.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:29
Last Modified: 26 Jun 2019 14:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30800

Actions (login required)

View Item View Item