“PEMANFAATAN APLIKASI LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK N 2 PURWODADI TAHUN AJARAN 2015/2016”


IBNU FAJAR SETYAWAN , 5101412046 (2017) “PEMANFAATAN APLIKASI LECTORA INSPIRE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN RENCANA ANGGARAN BIAYA UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU DAN BETON SMK N 2 PURWODADI TAHUN AJARAN 2015/2016”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412046.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (519kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada materi kompetensi dasar pelelangan konstruksi pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya. Hasil belajar ini diperoleh dengan membandingkan hasil belajar siswa yang KBMnya menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire dan hasil belajar siswa yang KBMnya menggunakan ceramah. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran menggunakan media pembelajaran Lectora Inspire. Jenis penelitian adalah Quasi Experiment Design, dilakukan dengan dua kelas, kelas eksperimen menggunakan kelas XI Teknik Konstruksi Batu dan Beton (TKBB) 2 dan untuk kelas kontrol menggunakan kelas XI Teknik Konstruksi Batu dan Beton (TKBB) 1. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan kuesioner. Pengujian instrumen tes dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas, daya pembeda, analisis taraf kesukaran, analisis fungsi distraktor. Pengujian instrumen kuesioner dilakukan dengan pengujian validitas, reliabilitas koefisien Alpha Cronbach. Analisis data yang digunakan yaitu persyaratan analisis dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan Hasil belajar siswa pada mata pelajaran rencana anggaran biaya yang menggunakan media pembelajaran dengan aplikasi Lectora Inspire pada kelompok eksperimen lebih tinggi di bandingkan dengan Hasil belajar siswa yang menggunakan metode ceramah pada kelompok kontrol. Hasil ini dapat dilihat dari Hasil belajar siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata 89,27, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 87,22. Penelitian ini juga meneliti tentang partisipasi siswa untuk memperoleh hasil belajar siswa pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya. Partisipasi belajar siswa yang menggunakan media pembelajaran dengan aplikasi Lectora Inspire pada kelompok eksperimen lebih tinggi di bandingkan dengan partisipasi siswa yang menggunakan metode ceramah pada kelompok kontrol. Hasil ini dapat dilihat dari hasil partisipasi siswa kelas eksperimen memiliki rata-rata 88,38, sedangkan kelas kontrol memiliki rata-rata sebesar 83,84 Hubungan antara partisipasi siswa dan hasil belajar pada mata pelajaran Rencana Anggaran Biaya yaitu semakin tinggi partisipasi siswa semakin tinggi pula hasil belajar hal ini dapat dilihat dari hasil persamaan Y = 16,476 + 0,786 X , variable Y adalah hasil belajar siswa dan variable X adalah partisipasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan Media Pembelajaran, Lectora Inspire, Rencana Anggaran Biaya, Hasil Belajar Siswa.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 08 Apr 2019 13:20
Last Modified: 08 Apr 2019 13:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30799

Actions (login required)

View Item View Item