PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN UKUR TANAH DASAR SISWA KELAS X PROGRAM STUDI BANGUNAN SMK NEGERI MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016


Wachid Warrohman , 5101412013 (2017) PENGARUH DISIPLIN BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN UKUR TANAH DASAR SISWA KELAS X PROGRAM STUDI BANGUNAN SMK NEGERI MAGELANG TAHUN AJARAN 2015/2016. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101412013.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (520kB) | Preview

Abstract

Pendidikan merupakan hal yang utama dalam proses peningkatan kualitas sumber daya manusia. Sekolah merupakan lembaga pendidikan formal yang memegang peranan sangat penting dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Selain itu, sekolah sebagai lembaga formal juga berusaha semaksimal mungkin dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Hasil belajar mata pelajaran ukur tanah dasar siswa kelas X program studi bangunan SMK Negeri 1 Magelang belum menunjukkan hasil yang baik. Hal ini dilihat dari nilai ulangan akhir semester yang menunjukkan sebanyak 56 siswa atau 44% siswa tidak bisa mencapai KKM yang ditetapkan oleh sekolah. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X program studi bangunan SMK Negeri 1 Magelang yang berjumlah 127 siswa. Penentuan jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 31 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data adalah observasi dan angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif persentase, regresi linear berganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa secara parsial disiplin belajar terhadap hasil belajar sebesar 65,6%, motivasi belajar berpengaruh sebesar 47% terhadap hasil belajar dan disiplin belajar dan motivasi belajar berpengaruh sebesar 91,1% terhadap hasil belajar. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa disiplin belajar dan motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar. Guru hendaknya lebih meningkat kedisiplinan belajar dalam pembelajaran dikelas dan lebih memperhatikan siswa yang sering melanggar aturan kelas. Orang tua hendaknya mengingatkan anak untuk belajar, memberikan perhatian dengan menanyakan tugas sekolah yang dimiliki dan kesulitan yang dihadapi dalam belajar, dan memberikan waktu khusus belajar pada anak agar anak tetap terus belajar di rumah. Guru hendaknya lebih memperhatikan siswa yang benar-benar membutuhkan motivasi belajar dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Disiplin Belajar, Motivasi Belajar, Hasil Belajar.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:28
Last Modified: 26 Jun 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30795

Actions (login required)

View Item View Item