PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MELALUI MINAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi tahun angkatan 2013 FE Unnes)


Pramudita Ratu N.H , 7101413408 (2017) PENGARUH PRAKTIK PENGALAMAN LAPANGAN (PPL) DAN SELF EFFICACY TERHADAP KESIAPAN MENJADI GURU MELALUI MINAT SEBAGAI VARIABEL INTERVENING (Studi Empiris pada mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi tahun angkatan 2013 FE Unnes). Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 7101413408.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kesiapan menjadi guru adalah suatu kondisi dimana seseorang merasa siap baik fisik maupun mental untuk berprofesi sebagai guru, serta memiliki kompetensi yang dipersyaratkan sehingga memenuhi segala tugas dan kewajiban sebagai guru. Kesiapan menjadi guru dapat didukung dengan adanya Praktik Pengalaman Lapangan, self efficacy, dan minat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) dan self efficacy terhadap kesiapan menjadi guru melalui minat sebagai variabel intervening pada mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi tahun angkatan 2013 FE Unnes. Populasi penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi tahun angkatan 2013 FE Unnes sejumlah 184 mahasiswa. Ukuran sampel yang diambil menggunakan rumus Slovin sebanyak 126 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, analisis jalur dan sobel test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan PPL terhadap kesiapan menjadi guru, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap kesiapan menjadi guru, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan minat terhadap kesiapan menjadi guru, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan PPL terhadap minat, (5) terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy terhadap minat, (6) terdapat pengaruh positif dan signifikan PPL melalui minat terhadap kesiapan menjadi guru, (7) terdapat pengaruh positif dan signifikan self efficacy melalui minat terhadap kesiapan menjadi guru. Simpulan dari penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan secara langsung PPL dan self efficacy terhadap kesiapan menjadi guru maupun tidak langsung yaitu melalui minat. Saran bagi penelitian ini adalah mahasiswa hendaknya meningkatkan kesiapan menjadi guru dari segi kondisi fisik, lebih memanfaatkan PPL dengan lebih banyak latihan mengajar, dan meningkatkan self efficacy dalam dirinya dengan meningkatkan kepercayaan dirinya, serta meningkatkan minat terhadap profesi guru. Readiness to become a teacher is a condition where a person feels ready both physically and mentally to work as a teacher, and has the required competencies to fulfill all duties and obligations as a teacher. Readiness to become a teacher can be supported by the existence of Field Experience Practice, self efficacy, and interest. The purpose of this research is to analyze the influence of Field Experience Practice and self efficacy to readiness to become teacher through the interest for becoming teacher as intervening variable at The Accounting Education Study Program 2013 batch students of Faculty of Economics, State University of Semarang. The population of this research is all of students of The Accounting Education Study Program 2013 batch of Faculty of Economics, State University of Semarang, by 184 students in numbers. The measurement of sample taken by using Slovin formula are 126 students. Samples are taken by using proportional random sampling. Data collection techniques is using questionnaires. Data analysis method used is descriptive analysis, path analysis and sobel test. The result of the research shows that; (1) there is positive and significant influence of PPL on the readiness for being a teacher, (2) there is positive and significant influence of self efficacy towards teacher readiness, (3) there is positive influence and significant interest for being teacher to teacher readiness, (4) there is positive and significant influence of Field Experience Practice on the interest for becoming teacher, (5) there is a positive and significant influence of self efficacy on the interest for becoming a teacher, (6) there is a positive and significant influence of Field Experience Practice through the interest for becoming a teacher to readiness to be a teacher, (7) there is a positive and significant influence of self efficacy through the interest for becoming a teacher towards teacher readiness. The conclusion of this research proves that there is a directly positive and significant influence of Field Experience Practice and indirectly influence of self efficacy on the readiness to become teacher or through the interest for becoming a teacher. The suggestion of this research is student should improve their readiness to become teacher in terms of physical condition, use Field Experience Practice for more benefits by doing more teaching practice, and improve their self efficacy by improving their confidence, also improve an interest in teaching profession.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kesiapan Menjadi Guru, Praktik Pengalaman Lapangan (PPL), Self Efficacy, Minat Readiness to Become a Teacher, Field Experience Practice, Self Efficacy, Interests for Becoming a Teacher
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Kharisma Adhi Arya
Date Deposited: 17 Apr 2018 13:22
Last Modified: 17 Apr 2018 13:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30793

Actions (login required)

View Item View Item