IMPLEMENTASI JOBSHEET TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BATU KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 3 SEMARANG


Mokhammad Noor Faid , 5101411074 (2017) IMPLEMENTASI JOBSHEET TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN KONSTRUKSI BATU KELAS XI TEKNIK KONSTRUKSI BATU BETON SMK NEGERI 3 SEMARANG. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101411074.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (8MB) | Preview

Abstract

Kualifikasi lulusan yang mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang tertuang dalam Syarat Kompetensi Lulusan (SKL) pendidikan nasional harus dipahami sebagai tujuan bangsa dalam melakukan re-generasi dan mempertahankan diri di tengah arus globalisasi yang hampir sulit dikendalikan. Kesenjangan yang cukup berarti antara tujuan pendidikan nasional dengan SKL yang mencakup aspek kognitif, afektif, dan psikomotorik jika disandingkan dengan kenyataan di lapangan membuat tujuan pendidikan nasional belum bisa diraih secara penuh. Mengacu pada Peraturan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) no.81A tahun 2013 tentang pedoman umum pembelajaran, kegiatan pembelajaran perlu menggunakan prinsip yang berpusat pada peserta didik. Namun temuan empiris di lapangan terkait ketersedian fasilitas untuk memenuhi SKL lewat kegiatan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik belumlah memadai, salah satunya pada media belajar. Dengan adanya implementasi jobsheet pada mata pelajaran konstruksi batu diharapkan siswa menjadi lebih mandiri dalam belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar. Maka permasalahan yang ingin penulis kaji adalah “Seberapa peningkatan hasil belajar ketika diterapkannya Media pembelajaran Jobsheet Kontruksi Batu sub bab pemasangan dinding ½ bata pada mata pelajaran Konstruksi Batu kelas XI Teknik Batu Beton di SMK Negeri 3 Semarang?”. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian ekperimen, subjek pada penelitan ini adalah siswa kelas XI TKBB 2 (Kelas Kontrol) dan XI TKBB 1 (Kelas Eksperimen). Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa jobsheet pada sub bab pemasangan materi pemasangan dinding ½ bata dapat menjadikan hasil belajar siswa lebih baik. Rata-rata hasil belajar kelas eksperimen adalah (84,81) sedangkan kelas kontrol lebih rendah yaitu (80,45). Hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol. Peningkatan hasil belajar kelas eksperimen sebesar 0,70 (70%) termasuk kategori tinggi sedangkan kelas kontrol mengalami peningkatan sebesar 0,58 (58%) termasuk kategori sedang. Besar perbedaan peningkatan hasil belajar kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah 0,12 (12%).

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Jobsheet Konstruksi Batu, SMK Negeri 3 Semarang, Konstruksi Batu Bata
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:28
Last Modified: 26 Jun 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30782

Actions (login required)

View Item View Item