PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ADVENTURE MAP PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KOMPETENSI DASAR KONSTRUKSI BALOK SEDERHANA


Adrian Arif Wirawan , 5101411058 (2017) PENERAPAN DESAIN PEMBELAJARAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING DENGAN MEDIA ADVENTURE MAP PADA MATA PELAJARAN MEKANIKA TEKNIK KOMPETENSI DASAR KONSTRUKSI BALOK SEDERHANA. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

Full text not available from this repository. (Request a copy)

Abstract

Desain pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dipadukan dengan media adventure map memberikan pengalaman yang menyenangkan bagi peserta didik. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: “adakah perbedaan hasil belajar yang meliputi ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik antara penerapan Desain Pembelajaran Model Problem Based Learning Dengan Media Adventure Map dengan penerapan desain pembelajaran konvensional pada mata pelajaran Mekanika Teknik Kompetensi Dasar Konstruksi Balok Sederhana kelas X Teknik Gambar Bangunan di SMK Negeri 2 Salatiga.” Model penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dimana subjek penelitian ini adalah siswa pada kelas X TGB A (kelas eksperimen) dan X TGB B (kelas kontrol). Hasil penelitian ini adalah hasil belajar yang terdiri dari aspek kognitif, afektif dan psikomotorik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada aspek kognitif, rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 88,29 dan pada kelas kontrol adalah 84,14. Hasil uji perbedaan rata-rata (uji t) pada aspek kognitif didapatkan nilai thitung sebesar 2,56. Nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,00. Pada aspek afektif, rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 90,17 dan pada kelas kontrol adalah 85,33. Hasil uji perbedaan rata-rata (uji t) pada aspek afektif didapatkan nilai thitung sebesar 4,736. Nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,00.. Pada aspek Psikomotorik, rata-rata nilai pada kelas eksperimen adalah 90,86 dan pada kelas kontrol adalah 87,24. Hasil uji perbedaan rata-rata (uji t) pada aspek psikomotorik didapatkan nilai thitung sebesar 2,53. Nilai tersebut lebih besar dari nilai ttabel sebesar 2,00. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran menggunakan desain pembelajaran model problem based learning dengan media adventure map dapat digunakan untuk praktik mata pelajaran mekanika teknik kompetensi dasar konstruksi balok sederhana sehingga siswa dapat belajar mandiri dan menyenangkan. Proses pembelajaran dengan menggunakan desain pembelajaran model problem based learning dengan media adventure map terdapat perbedaan hasil belajar siswa pada aspek kognitif, afektif dan psikomotorik lebih baik dibanding proses pembelajaran dengan desain pembelajaran konvensional.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Desain Pembelajaran, Adventure Map, Mekanika Teknik
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:28
Last Modified: 26 Jun 2019 14:28
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30778

Actions (login required)

View Item View Item