EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PBL ( Problem Based Learning ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL KHUSUS KELAS XII IS I SMA PGRI WIROSARI PURWODADI


AGUS , 3301405637 (2009) EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PBL ( Problem Based Learning ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL KHUSUS KELAS XII IS I SMA PGRI WIROSARI PURWODADI. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PBL  ( Problem Based Learning ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL KHUSUS KELAS XII IS I SMA PGRI WIROSARI PURWODADI]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENERAPAN METODE PBL ( Problem Based Learning ) TERHADAP PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI POKOK BAHASAN JURNAL KHUSUS KELAS XII IS I SMA PGRI WIROSARI PURWODADI) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

PBL (Problem Based Learning) atau Pembelajaran Berdasarkan Masalah. PBL adalah proses pembelajaran yang dimulai dengan “problem” dan bukannya paparan/penjelasan mengenai pengetahuan atau knowledge (D.Boud, G. Feletti, 1987 dalam Pengantar PBL, Djauhari Widjajakusumah). Dalam PBL, problem disajikan terlebih dahulu sebelum knowlegde diberikan. Problem yang disajikan harus menanyakan suatu masalah secara komprehensif, aplikasi, analisa dan sintesa. Peserta didik harus memilih knowledge yang dibutuhkan, mempelajari hal tersebut, dan menghubungkannya dengan problem yang diberikan.Pemakaian metode PBL (Problem-Based Learning) muncul dari konsep bahwa siswa akan lebih mudah menemukan dan memahami konsep yang sulit jika mereka saling berdiskusi dengan temannya dan selalu aktif dalam proses pembelajaran. Siswa secara rutin bekerja dalam kelompok untuk saling membantu memecahkan masalah-masalah yang kompleks. Jadi pengunaan kelompok sejawat menjadi aspek utama dalam pembelajaran PBL (Problem-Based Learning). Berdasarkan kenyataan tersebut, penulis tertarik untuk mengadakan penelitian dengan judul: “Efektivitas Penerapan Metode PBL (Problem Based Learning) Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Pokok Bahasan Jurnal Khusus Perusahaan Dagang Kelas XII IS 1 SMA PGRI Wirosari Purwodadi “ Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui proses pembelajaran PBL (Problem Based Learning) mampu meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Jurnal Khusus Perusahaan Dagang. Rata-rata kemampuan siswa pada siklus I sebesar 6,78, pada siklus II dengan rata-rata sebesar 7,28 dan pada siklus III mencapai 8,55. Adanya peningkatan ini menunjukkan bahwa pembelajaran PBL (Problem Based Learning) efektif untuk melatih kemampuan siswa memahami dan membuat Jurnal Khusus Perusahaan Dagang. PBL merupakan suatu model pembelajaran dimana sebelum proses belajar mengajar didalam kelas dimulai, siswa terlebih dahulu diminta mengobservasi suatu fenomena. Kemudian siswa diminta untuk mencatat permasalahan yang muncul, serta mendiskusikan permasalahan dan mencari pemecahan masalah dari permasalahan tersebut. Setelah itu, tugas guru adalah merangsang untuk berpikir kritis dan kreatif dalam memecahkan masalah yang ada serta mengarahkan siswa untuk bertanya, membuktikan asumsi, dan mendengarkan perspektif yang berbeda di antara mereka.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: PBL (Problem Based Learning) Terhadap Prestasi Belajar
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Fakultas Ekonomi > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: Users 98 not found.
Date Deposited: 01 Aug 2011 03:49
Last Modified: 25 Apr 2015 05:03
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/3075

Actions (login required)

View Item View Item