PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA KOMPETENSI DASAR PENGUKURAN BEDA TINGGI MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH


Chandra Mustika, 5101410029 (2017) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VISUAL MENGGUNAKAN ADOBE FLASH CS6 PADA KOMPETENSI DASAR PENGUKURAN BEDA TINGGI MATA KULIAH ILMU UKUR TANAH. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of 5101410029.pdf]
Preview
PDF - Published Version
Download (425kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran agar layak digunakan sebagai salah satu perangkat pembelajaran dalam mata kuliah Ilmu Ukur Tanah mahasiswa Pendidikan Teknik Bangunan. Dengan tujuan untuk memberikan alternatif media pembelajaran bagi dosen dalam pelaksanaan proses pembelajaran mata kuliah Ilmu Ukur Tanah. Penelitian ini termasuk jenis penelitian dan pengembangan. Jenis penelitian ini diterapkan dalam pengembangan media pembelajaran menggunakan aplikasi Adobe Flash CS6. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah metode kuesioner yang digunakan untuk mendapatkan data pengujian validitas media oleh ahli materi, ahli media, dan pengambilan data persepsi mahasiswa terhadap media pembelajaran dan materi. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran visual pada mata kuliah ilmu ukur tanah yang dilakukan oleh penulis, menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi Adobe Flah CS6 untuk membuat media pembelajaran visual telah layak digunakan dalam pembelajaran ilmu ukur tanah, hal itu dapat dilihat dari prosentase skor rata-rata Ahli media yang diperoleh yaitu 93% dan masuk kedalam kategori Sangat Layak (SL). sedangkan prosentase skor rata-rata ahli materi yang diperoleh yaitu 80% dan masuk kedalam kategori Layak (L). Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran visual menggunakan aplikasi Adobe Flah CS6 cukup tepat digunakan dalam perkuliahan ilmu ukur tanah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Adobe Flash CS6, Ilmu Ukur Tanah.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
T Technology > TYA Teknik Sipil
Fakultas: Fakultas Teknik > Teknik Sipil, S1
Depositing User: Retma IF UPT Perpus
Date Deposited: 26 Jun 2019 14:25
Last Modified: 26 Jun 2019 14:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/30749

Actions (login required)

View Item View Item